Tahi Lalat Penyebab Kangker, Mari Kenali Penyebabnya

Ketika Anda melihat kulit Anda, kadang-kadang Anda melihat permukaan bulat kecil, gelap, terangkat atau tidak, ini disebut tahi lalat. Tahi lalat muncul di bagian atas pinggang. Kebanyakan tahi lalat jinak (bukan kanker), tetapi dalam kasus yang jarang terjadi, mereka dapat berkembang menjadi melanoma, yang merupakan kanker kulit.

Beberapa tahi lalat muncul saat lahir, tetapi kebanyakan tahi lalat akan muncul dalam 30 tahun pertama kehidupan. Meskipun tahi lalat terlihat tidak menarik, sebagian besar sama sekali tidak berbahaya. Dalam beberapa kasus, tahi lalat dapat menyebabkan beberapa masalah kecil bagi Anda, misalnya Anda mungkin secara tidak sengaja memotongnya selama bercukur. Jika ini mengganggu Anda, Anda dapat sepenuhnya menghilangkannya dengan operasi kecil. (carapdkt.net)

Bagaimana mengenali tahi lalat penyebab kanker?

tahi lalat penyebab kangker

Kanker melanoma ganas biasanya muncul sebagai catatan hitam, menonjol di permukaan kulit dan tumbuh sangat cepat. Catatan ini mungkin muncul dari awal, atau mungkin berkembang dari tahi lalat yang ada, menyebabkan mol mengubah ukuran, bentuk, atau warna. Dalam beberapa kasus, mungkin merah, gatal dan bahkan berdarah.

BACA JUGA :  Begini nih Cara Untuk Memiliki Kulit Cerah Bersinar

Silakan periksa kulit Anda

Anda harus memeriksa kulit Anda setiap beberapa bulan untuk melihat apakah ada mol baru atau tahi lalat tua yang berubah secara signifikan. Tahi lalat kanker dapat muncul di mana saja di tubuh Anda, tetapi kebanyakan akan muncul di punggung, kaki, lengan dan wajah. Beberapa tanda yang harus Anda waspadai adalah:

  • Tahi lalat memiliki dua atau lebih warna;
  • Tahi lalat memiliki perbatasan tidak teratur;
  • Gatal, merah, bengkak atau keras;
  • Tahi lalat lama tiba-tiba meningkat secara signifikan.

Ketika kanker melanoma didiagnosis dan diobati secara dini, pembedahan biasanya akan berhasil. Pembedahan adalah pengobatan utama untuk melanoma. Tentu saja, setelah operasi, Anda harus melanjutkan perawatan untuk mencegah kekambuhan. Penting untuk mengikuti instruksi dokter Anda.

Bagaimana cara menghindari tahi lalat penyebab kanker?

Jika Anda memiliki operasi kecil untuk menghilangkan tahi lalat atau Anda memiliki tahi lalat warna kulit terang, Anda sebaiknya melindungi matahari lebih baik untuk kulit. Perlindungan matahari adalah cara terbaik dan termudah untuk mencegah kanker kulit. Berikut beberapa kiat untuk menjauhkan Anda dari matahari:

  • Tidak di bawah sinar matahari dari sekitar 11 jam – 15 jam;
  • Ketika pergi keluar, Anda harus memakai sinar ultraviolet, topi lebar lebar dan kacamata hitam;
  • Anda harus menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 15 dan menerapkannya setiap 2-3 jam. Anda juga harus menerapkan lotion setelah berenang atau berkeringat;
  • Hindari menggunakan lampu ultraviolet atau jenis tempat tidur untuk tujuan penyamakan.
BACA JUGA :  Cara Melindungi dan Merawat Kulit Yang Terbaik

Jika Anda memiliki tahi lalat dan tahi lalat yang tidak banyak berubah dari waktu ke waktu, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Anda hanya perlu melihat perubahan kulit dan melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Pada sebagian wanita tahi lalat memang dianggap mengganggu penampilan, terlebih lagi jika ukurannya membesar.

Demikian artikel singkat kali ini tentang tahi lalat penyebab kangker, semoga kita dapat meminimalisir pertumbuhan kangker pada tubuh kita.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.