Susunan Acara Akad Nikah di Indonesia

Susunan akad nikah – Agama Islam merupakan agama yang lengkap dengan segala macam urusan, yang telah diatur dan memiliki ketentuan, termasuk dalam hal pernikahan. Urusan dan detail – detail pernikahan mulai dari yang sederhana sampai yang rumit sekali pun sudah diatur dalam Islam secara terperinci. Pada kesempatan ini carapdkt akan mengulas tentang apa saja sih susunan acara dalam pernikahan, karena susunan acara dalam akad nikah berbeda dengan susunan acara dalam resepsi perkawinan. artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya tentang cara nikah beda agama di bali.

Susunan Acara Akad Nikah

susunan acara akad nikah Dalam Islam, ada beberapa tujuan yang bisa dicapai dan dirasakan manfaatnya. Berikut tujuan pernikahan dalam Islam, di antaranya adalah :

  1. Sebagai ibadah dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.
    Di dalam pernikahan itu penuh dengan ibadah apabila dilakukan dengan tulus dan ikhlas karena Allah dan sesuai syariatnya. Ibnu Abbas ra berkata : “Menikahlah karena sesungguhnya satu hari dalam pernikahan lebih baik dari ibadah seribu tahun.”
  2. Untuk menyempurnakan separuh agama
    Rasulullah SAW bersabda : “Jika seseorang menikah berarti dia telah menyempurnakan separuh agamanya. Maka bertakwalah pada paruh yang lain.”
  3. Untuk menjalankan sunah Rasul
    Sesungguhnya Rasul telah memberikan teladan, contoh dan anjuran pada umatnya untuk mengikuti sunah – sunahnya. Menikah adalah salah satu yang harus kita perhatikan, karena di dalam sebuah pernikahan terdapat banyak kenikmatan dan ibadah.
    Setiap orang yang normal dan dewasa pastilah menginginkan pernikahan. Namun sebelum menikah setiap muslim hendaknya mengetahui terlebih dahulu berbagai ilmu yang harus dipersiapkan, termasuk persiapan akad nikah dan juga walimatul ursy.

Teks Susunan Acara Akad Nikah

akad nikah

Berikut ini merupakan contoh naskah untuk memandu rangkaian acara akad nikah, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kedatangan calon mempelai pria
    Selamat datang kepada rombongan keluarga besar calon pengantin pria, keluarga dari … ( nama mempelai pria ) yang merupakan putra dari pasangan bapak dan ibu … ( nama ayah dan ibu mempelai pria ). Suatu kebanggaan dan kebahagiaan karena pada hari ini kami kedatangan keluarga yang hadir dengan penuh cinta. Dari hati yang paling dalam, kembali kami ucapkan selamat datang kepada keluarga besar dari … yang sudah hadir ke gedung pernikahan yang sakral dan penuh kebahagiaan ini.
  2. Pengalungan bunga
    Sebagai ungkapan cinta dan ketulusan, selanjutnya akan dilaksanakan prosesi pengalungan bunga yang akan diberikan oleh ibunda calon mempelai wanita kepada calon mempelai pria. Kepada yang terhormat Ibu … untuk melangkah melakukan prosesi pengalungan bunga.
    Silakan langkahkan kaki sembari mengucapkan basmallah, agar langkah kaki kita selalu ada dalam ketulusan dan niat untuk menggapai ridha – Nya
    Alhamdulillah prosesi pengalungan bunga sudah selesai, semoga ini menjadi langkah awal agar rencana akad nikah yang sesaat lagi akan berlangsung bisa berjalan dengan penuh keridhaan. Selanjutnya kami undang seluruh keluarga besar rombongan calon pengantin pria untuk memasuki ruang utama dan menempati kursi yang telah disediakan di sebelah kiri.
  3. Pembukaan akad nikah
    Assalamu alaiku wr. Wb
    Muqaddimah
    Hadirin, tamu undangan yang berbahagia, Insya Allah tak lama lagi akan ada dua hati yang terpaut dalam satu janji, janji yang akan mengubah setiap hal menjadi rangkaian ibadah yang luar biasa.
  4. Sambutan keluarga calon pengantin pria
    Sambutan keluarga calon pengantin wanita
  5. Simbolisasi penyerahan
  6. Pembacaan ayat suci Al-Quran
  7. Prosesi akad nikah
    – Ijab kabul
    – Doa
  8. Sungkeman
  9. Foto bersama keluarga inti
BACA JUGA :  Syarat Nikah di KUA Yang Harus Dipersiapkan Oleh Pengantin

Susunan Acara Walimatul Ursy

Walimatul ursy, merupakan istilah yang terdapat dalam literatur bahasa Arab yang secara arti kata berarti jamuan yang khusus untuk acara pernikahan dan tidak digunakan untuk perhelatan / acara lainnya di luar pernikahan. Oleh sebab itu, walimatul ursy diartikan sebagai pesta dalam rangka mensyukuri nikmat Allah SWT atas terlaksananya akad nikah dengan menghidangkan makanan.

susunan acara walimatul ursy

Menurut Imam Ibnu Qudamah dan Syaikh Abu Malik Kamal as – Sayyid

Salam, “Al-walimah merujuk pada istilah untuk makanan yang biasa dihidangkan pada upacara perkawinan secara khusus.” Kalangan mazhab Ahmad dan selainnya mengungkapkan bahwa walimah merujuk pada segala bentuk makanan yang dihidangkan untuk merayakan kegembiraan yang berlangsung. ( Ibnu Qudamah al – Muslim )

Berikut ini merupakan contoh susunan acara walimatul ursy, di antaranya adalah :
a. Pembukaan
b. Pembacaan ayat – ayat Al-Quran
c. Penyerahan dari keluarga mempelai pria
d. Penerimaan dari keluarga mempelai wanita
e. Siraman nasihat pernikahan
f. Penutup / doa

Pemilihan MC Akad Nikah

Hal yang satu ini juga perlu nih guys, tugasnya adalah untuk memandu dan mengkoordinir susunan acara diatas agar berjalan sesuai dengan apa yang sudah di rencanakan. MC juga berperan untuk memeriahkan acara akad nikah hingga resepsi perkawinan. Tidak semua orang bisa jadi MC profesional karena harus tahu betul susunan acara dan memahami tata cara berbicara yang baik dan formal dihadapan orang banyak.

BACA JUGA :  Penjelasan dan pengertian nikah menurut islam

Gimana guys? semoga informasi kali ini tentang susunan acara akad nikah yang singkat ini bisa memberikan manfaat, terutama bagi kalian yang memang ingin melaksanakan acara akad nikah dengan orang yang kalian sayang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.