Perbedaan Antara Tahi Lalat dan Bintik Hitam Pada Kulit

carapdkt.net – Pernahkah Anda bertanya-tanya apa bintik-bintik hitam pada kulit Anda seperti tahi lalat atau bintik-bintik karena pigmentasi? Apakah Anda tahu karakteristik untuk membedakan dua jenis dengan kulit ini atau tidak? Ketika Anda menyadari perbedaan di antara keduanya, Anda dapat memberikan perawatan yang sesuai jika hal ini mempengaruhi estetika pada kulit.

Perbedaan antara tahi lalat dan bintik-bintik hitam pada kulit

bintik hitam pada kulit

Karakteristik tahi lalat

Tahi lalat adalah bintik-bintik coklat atau hitam pada kulit. Mereka adalah sel-sel kulit, yang disebut melanosit, yang tumbuh menjadi kelompok, yang merupakan sel-sel berpigmen yang membuat warna kulit Anda. Mereka cenderung lebih gelap ketika terkena sinar matahari, selama masa remaja Anda atau selama kehamilan Anda. Mereka biasanya muncul ketika Anda masih muda, meskipun beberapa tahi lalat mungkin muncul di usia 30-an. Mereka dapat muncul di mana saja di tubuh Anda dan dapat semakin berubah dari waktu ke waktu. Mereka dapat berubah dalam bentuk dan warna, bahkan dalam beberapa kasus mereka bisa hilang sama sekali.

BACA JUGA :  Tips Dan Cara Diet Tanpa Tersiksa

Apa itu bintik-bintik kulit?

Bintik-bintik coklat kecil yang muncul di wajah atau lengan. Orang dengan kulit terang biasanya memiliki bintik-bintik lebih dari yang lain. Freckles tidak sakit. Bintik dapat muncul sejak lahir dan saat terkena sinar matahari.

Apakah tahi lalat dan bintik-bintik pada kulit berbahaya?

Kebanyakan tahi lalat dan bintik-bintik tidak berbahaya untuk kesehatan kulit. Tahi lalat dan bintik-bintik berbeda karena bintik-bintik tidak mengandung melanosit, sehingga bintik-bintik jarang berkembang ke yang lebih ganas. Di sisi lain, tahi lalat beresiko mengembangkan melanoma, sejenis kanker kulit yang disebut melanoma. Kanker ini dapat menyebabkan perdarahan, gatal atau kemerahan. Melanoma dapat terbentuk dari tahi lalat dan kadang-kadang dapat muncul di tempat-tempat di mana tidak ada tahi lalat.

Untuk memastikan tahi lalat Anda tidak berkembang menjadi kanker, Anda harus mengikutinya secara teratur. Anda dapat melakukan hal berikut:

  • Monitor apakah antena telah berubah bentuk, terutama jika ujung-ujung tahi lalat tidak rata;
  • Pantau apakah ukuran mol telah meningkat;
  • Pantau apakah warna mol berubah atau tidak.
BACA JUGA :  Penyebab Ruam Kulit Yang Harus Kita Ketahui

Waktu terbaik untuk menonton adalah ketika Anda mandi. Jika tahi lalat tidak berubah seiring waktu, Anda tidak perlu khawatir. Jika Anda melihat tahi lalat Anda berubah bentuk atau ukuran, atau tahi lalat baru muncul, atau Anda ingin menghilangkan tahi lalat untuk alasan estetika, temui dokter kulit Anda untuk perawatan.

Dokter kulit dapat melakukan biopsi kulit untuk memastikan bahwa tahi lalat Anda adalah kanker. Jika positif, dokter dapat mengangkat tahi lalat kanker dengan prosedur yang sangat sederhana.

Bintik-bintik dan tahi lalat adalah bintik-bintik hitam di kulit, tetapi tahi lalat Anda bisa menjadi kondisi ganas. Untuk penyakit apa pun, pengobatan yang paling efektif adalah ketika penyakit hanya dalam tahap awal. Jadi selalu periksa tahi lalat Anda dan lihat apakah itu berubah dari waktu ke waktu atau tidak.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.