Perawatan Yang Efektif Untuk Memperbaiki Kulit Gelap

carapdkt.net – Untuk menjaga pigmentasi kulit, sel-sel kulit sehat secara teratur menghasilkan jumlah melanin yang tepat. Namun, ketika sel-sel kulit rusak atau tidak sehat, hiperpigmentasi terjadi di hampir semua bagian tubuh, membuat kulit Anda lebih gelap. Perubahan warna kulit tidak berbahaya tetapi dapat mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri Anda. Meskipun hiperpigmentasi sulit untuk diobati, Anda benar-benar dapat memperbaiki kulit gelap Anda dengan beberapa solusi sederhana.

Perawatan yang terbaik untuk memperbaik kulit yang gelap

memperbaiki kulit gelap

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa memperbaiki kulit gelap dianggap tidak mudah kecuali dengan melakukan operasi plastik, namun disini carapdkt.net tidak akan membahas cara ekstreem tersebut. Bagi sebagian orang kulit gelap bukan merupakan suatu masalah, bahkan pada daerah luar sana kulit gelap merupakan hal yang menarik bagi mereka, namun kita orang asia lebih menyukai kulit putih bersinar seperti artis korea bukan. Mari simak artikel berikut ini tentang bagaimana perawatan yang baik untuk memperbaiki kulit gelap.

Apa itu pigmentasi?

Pigmentasi adalah pewarnaan kulit, rambut, mukosa dan retina mata. Deposisi melanin, diproduksi oleh sel-sel khusus yang disebut melanosit, membentuk pigmentasi kulit. Beberapa hal lain yang berhubungan dengan pigmen termasuk hiperpigmentasi (pigmentasi berlebihan), hipopigmentasi dan berpigmen rendah (pigmen terlalu sedikit) dan depigmentasi (tidak ada pigmen).

Apa yang menyebabkan disfagia?

Genetika, paparan sinar matahari, stres dapat dengan mudah menyebabkan gangguan berpigmen. Faktor-faktor lain seperti fluktuasi hormonal yang disebabkan oleh kehamilan atau kontrasepsi oral, menopause, resistensi insulin juga terkait dengan gangguan ini.

BACA JUGA :  Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Hiper Pigmentasi Kulit

Gangguan pigmentasi dapat dibagi menjadi dua jenis:

  • Pigmentasi: Patologi, cedera atau luka bakar kulit menyebabkan penurunan jumlah normal melanin yang disebut hipopituitarisme. Pigmentasi bisa sulit diobati. Namun, beberapa perawatan khusus dapat membantu memperbaiki gangguan ini seperti IPL, laser excimer, atau laser Fraxel Restore.
  • Hiperpigmentasi: Ini adalah gangguan umum, biasanya tidak berbahaya dan disebabkan oleh redundansi melanin. Kulit lebih gelap karena deposisi melanin, pigmen coklat yang bertanggung jawab untuk membuat warna kulit Anda normal.

Bagaimana cara mencegah gangguan pigmen ini?

Berikut adalah 6 tips yang dapat diterapkan segera untuk mencegah gangguan pigmen.

  • Gunakan tabir surya

Menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30+ akan melindungi kulit Anda dari sinar UVA dan UVB dari sinar matahari. Ini juga cara terbaik untuk mencegah gangguan pigmentasi kulit. Ingatlah untuk menerapkan kembali tabir surya setiap dua jam jika Anda terlibat dalam kegiatan luar ruangan.

  • Produk perawatan kulit

Anda harus menggunakan produk kecantikan yang mengandung kuinon hidroksi, tretinoin, steroid topikal, krim yang mengandung alpha hydroxy acid, asam kojic atau azelic asam pada malam hari dan sebelum Anda menggunakan tabir surya di pagi hari. Menggunakan antioksidan oral juga membantu mengurangi pigmentasi.

  • Bersiaplah dengan produk SPF
BACA JUGA :  Tips Mengatasi Kulit Berminyak Dengan Apel

Meskipun sunblock adalah elemen yang paling penting untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV, krim foundation atau pelembab warna dengan SPF juga dapat membantu. Riasan dengan SPF dapat meningkatkan perlindungan terhadap sinar matahari Anda jika sebelumnya Anda menutupinya dengan produk tabir surya.

  • Perawatan berteknologi tinggi

Jika Anda ingin memperbaiki kulit gelap Anda untuk waktu yang singkat, masker kimia, microcircuit atau laser mikro akan menjadi pilihan ideal untuk Anda. Prosedur ini biasanya memakan waktu sekitar 1-4 minggu untuk mencapai hasil.

  • Diet kaya antioksidan

Diet sehat, terutama dengan vitamin C, tidak hanya mengurangi efek berbahaya matahari pada kulit Anda tetapi juga mengurangi risiko kanker kulit. Selain itu, diet kaya antioksidan secara tak terhindarkan dapat membalikkan beberapa gangguan berpigmen dan berpigmen yang berhubungan dengan penuaan. Antioksidan mempercepat regenerasi alami kulit dan secara langsung melawan kerusakan lebih lanjut pada kulit.

  • Konsultasikan dengan dokter kulit Anda

Karena setiap orang akan memiliki kulit dengan karakteristik tertentu, dokter kulit akan memeriksa dan menentukan perawatan yang harus Anda ambil. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang kulit Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

Mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah pigmentasi kulit akan lebih mudah jika Anda konsisten dengan rutinitas perawatan kulit Anda. Saatnya bertindak, untuk mendapatkan kulit sempurna yang Anda inginkan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.