Penyebab Pengobatan Pigmentasi Kulit Yang Salah

Pigmentasi kulit adalah salah satu masalah kulit yang membuat wanita depresi, cemas, sedih karena penampilan mereka menjadi tidak cantik. Tapi pigmentasi tidak mudah dihilangkan, jika kita tidak memahami kondisi kulit, penyebab melasma, maka perawatan akan sulit. Berikut adalah dasar-dasar pigmentasi kulit yang sangat diperlukan untuk pencegahan dan pengobatan hiperpigmentasi.

1. Apa itu pigmentasi kulit dan apa yang menyebabkan melasma?

masalah kulit

Apa itu pigmentasi kulit?  Ini adalah bercak coklat yang muncul di kulit, yang dibentuk oleh hiperpigmentasi melanin. Melanin adalah faktor penentu dalam warna kulit manusia, yang bertanggung jawab untuk perlindungan matahari, melindungi tubuh dari efek berbahaya dari sinar UV di bawah sinar matahari. Namun, jika pigmen ini diproduksi terlalu banyak akan menghasilkan akumulasi, terkonsentrasi di area tertentu pada kulit dan menyebabkan luka bakar.

Ada banyak penyebab pigmentasi kulit, tetapi yang paling umum adalah tiga penyebab berikut:

  • Sinar matahari

Ini adalah salah satu penyebab paling penting dari luka bakar. Efek sinar matahari akan menghasilkan jumlah melanin yang luar biasa besar di bawah kulit, menyebabkan bintik-bintik terbentuk dan menyebar. Selain itu, membiarkan kulit yang terkena sinar matahari juga menghancurkan sel, menghancurkan struktur di bawah kulit yang menyebabkan kulit kering dan menua. 

  • faktor genetik

Pigmentasi kulit juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Menurut penelitian ilmiah, proporsi pasien dengan riwayat keluarga kanker kulit hingga sekitar 30%. Ini adalah salah satu penyebab pigmentasi, karena pigmentasi kulit karena faktor genetik sulit diobati.

  • Faktor endokrin

Gangguan hiperproliferatif yang menyebabkan hiperplasia melanin juga merupakan penyebab umum hiperpigmentasi. Wanita hamil biasanya rentan terhadap luka bakar, yaitu sekitar 50-70%. Penggunaan pil KB, atau premenopause, pubertas, juga menjadi penyebab pigmentasi kulit. Biasanya, jika Anda mengalami melasma karena gangguan endokrin, setelah Anda menstabilkan hormon, melasma akan hilang dengan sendirinya.

Selain itu ada banyak penyebab lain seperti menggunakan kosmetik tidak benar, gaya hidup tidak sehat. Untuk mengobati melasma secara efektif, Anda harus mengunjungi fasilitas dermatologists terpercaya untuk mengidentifikasi penyebab dan perawatan yang tepat untuk setiap jenis kulit.

 2. Catatan saat mengobati pigmentasi kulit dan perawatan pigmentasi dengan baik

Cara merawat dan melindungi kulit Anda untuk mengurangi pigmentasi kulit

  • Diet sehat

Diet sehat, banyak sayuran hijau, umbi-umbian, banyak air untuk menjaga kulit Anda sehat, penuh vitalitas, mencegah luka bakar, penuaan, …

  • Tabir surya melindungi kulit

Seperti yang kita semua tahu, kerusakan akibat sinar matahari pada kulit sangat buruk. Karena itu, minimalkan paparan sinar matahari langsung. Anda harus menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit sambil menutupi selimut dengan hati-hati dengan masker, topi, jaket sebelum keluar rumah.

  • Cukup tidur, jangan sering cemas dan hindari stres

Tidur larut malam, stres, dapat menyebabkan gangguan hormonal dalam tubuh. Karena itu, Anda harus cukup tidur, jaga kenyamanan tubuh juga merupakan cara untuk mencegah pigmentasi kulit.

  • Hindari menggunakan kosmetik yang tidak diketahui asalnya

Penggunaan kosmetik apung di pasaran dapat menyebabkan kerusakan kulit, menjadi berminyak, alergi, jerawat. Jadi sebelum menerapkan kosmetik apa pun, Anda perlu Pelajari asalnya, petunjuk penggunaan dan terutama apakah kondisi kulit Anda cocok dengan kosmetik tersebut atau tidak.

Beberapa metode pengobatan pigmentasi kulit

  • Krim perawatan

Anda dapat menggunakan jenis krim kosmetik jika tingkat melasma ringan, pada lapisan pertama permukaan kulit. Di pasaran ada banyak lini produk melasma dengan harga yang berbeda dan cocok untuk setiap jenis kulit. Anda dapat belajar memilih merk dan produk yang cocok. Namun, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakannya untuk menghindari reaksi alergi dan menyebabkan lebih banyak luka bakar.

  • Sembuhkan dengan teknologi laser

Ini adalah salah satu perawatan yang paling efektif dan aman untuk melasma . Jika kondisi kulit Anda cukup parah, cara ini akan menembus jauh ke dalam epidermis kulit. Tergantung pada tingkat pigmentasi akan menggunakan panjang gelombang yang berbeda untuk menyikat luka bakar dengan aman dan tidak menyakitkan. Setiap tembakan laser membutuhkan waktu beberapa menit. Setelah beberapa perawatan, bintik-bintik memudar dan hilang sepenuhnya. Pada saat yang sama, kulit Anda dirangsang regenerasi kolagen menjadi lebih kuat dan lebih tampak muda.

jangan lewatkan juga yang ini guys !

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui [[email protected]] untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google

Post Author: Arief RG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *