Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami Dalam 1 Minggu

Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami – Menjaga kesehatan mulut dan gigi adalah kunci utama untuk mencegah terjadinya bau mulut, apalagi selama bulan Ramadhan seperti ini yang menyarankan kita untuk tidak berkumur-kumur atau tidak menggosok gigi setelah bangun pagi. Ya memang betul kalau Anda sempat mencegahnya. Tapi, beda halnya dengan yang sudah keburuan atau terlanjur menderita bau mulut, tentu diperlukan tindakan atau resep obat untuk menghilangkannya.

Mengatasi Bau Mulut Yang Berlebih

cara mengatasi bau mulut

Bau mulut atau halitosis bahasa medisnya merupakan kondisi ketika seseorang memiliki aroma yang tidak sedap baik saat berbicara atau pun bernapas. Bau mulut tak sedap memang tidak membahayakan jiwa, hanya saja dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri saat berbicara dengan orang.

Sekitar 30% dari populasi dunia menderita masalah menyedihkan ini. Bahkan artis sekalipun tak jarang mengalaminya. Apakah Anda salah satu di antaranya? Jika iya, mari kita ketahui terlebih dulu apa saja yang penyebabnya agar bisa menghindarinya dikemudian hari.

Penyebab Bau Mulut

Bau mulutselalu menjadi kendala terbesar bagi seseorang untuk menyempurnakan penampilannya. Umumnya bau mulut disebabkan jarang gosok gigi, merokok, makanan yang dikonsumsi, atau karena ada gangguan kesehatan.

Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

Sebagian orang mengetahui bahwa ia memiliki masalah bau mulut tak sedap, namun sebagiannya lagi tidak mmenyadari hal itu, yakan? Okay! Tanpa teori panjang lebar, berikut bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi bau mulut.

  1. Rutin menyikat gigi

Seperti yang diketahui, kebiasaan jarang sikat atau gosok gigi merupakan faktor utama penyebab bau mulut tidak sedap. Nah, jika kebiasaan ini tidak dihilangkan maka bau mulut yang dialami juga tidak akan hilang. Oleh karenanya, dianjurkan menyikat gigi setiap hari minimal 2 kali yaitu pagi sehabis sarapan dan malam sebelum tidur. Gunakanlah sikat gigi dan pasta gigi terbaik (cocok untuk gigi dan gusi Anda), juga lakukan teknik menyikat gigi yang benar.

BACA JUGA :  Perbedaan Antara Tahi Lalat dan Bintik Hitam Pada Kulit

Gunakan sikat gigi yang permukaan bulunya masih halus dan tidak mekar agar pembersihan karang-karang atau sisa makanan bisa maksimal. Untuk pasta gigi, Anda bisa memilih yang mint atau yang mengandung mouthwasah agar mulut terasa segar lebih lama. Saat menyikat gigi, usahakan bagian gigi seperti gigi geraham bagian belakang, sisi terluar maupun dalam gigi, dan sela-sela lainnya bisa terjangkau merata oleh sikat gigi. Jangan lupa juga untuk membersihkan lidah Anda, lakukan aktivitas menyikat gigi minimal 2 menit lamanya.

  1. Apel

Bisa jadi inilah alasan mengapa banyak orang mengkonsumsi buah apel setelah beberapa saat setelah makan. Apel ternyata mampu berperan sebagai pembersih alami mulut. Serat yang ada pada buah apel akan membantu membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan yang tertinggal, produksi salivaatau air liur juga akan terangsang yang dapat menjaga kelmbaban dalam mulut. Seperti yang kita ketahui, mulut yang kering sering terjadi dan merupakan salah satu penyebab timbulnya bau mulut.

  1. Lemon

Lemon adalah salah satu jenis tanaman citrus yang mengandung asam yang tidak disukai oleh bakteri. Vitamin C tingginya serta sifat asamnya tak hanya efektif mebunuh bakteri pemicu bau mulut, tetapi juga dapat merangsang produksi air lir sehingga mulut Anda tidak mudah kering.

Caranya:

  • Peras setengah buah lemon segar ukuran sedang ke dalam gelas.
  • Tambahkan air hangat hingga gelas penuh.
  • Gunakan air campuran perasan lemon tadi untuk berkumur. Jika mau, Anda bisa juga menambahkan sedikit garam agar hasil lebih efektif.

Untuk hasil terbaik, lakukan cara mengatasi bau mulut secara alami dengan jus lemon ini dua sampai 3 kali seminggu.

  1. Daun sirih

Tak hanya ampuh menghilangkan bau badan, bau ketiak serta mengatasi keputihan secara alami. Daun sirih juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau mulut dengan hasil yang cepat. Daun sirih terkenal sebagia antiseptik untuk menghalau bakteri yang mengganggu.

BACA JUGA :  Cara Menghilangkan Keriput Dengan Pengobatan Alami

Cara 1:

  • Kunyah langsung seperti sedang nginang

Cara 2:

  • Ambil beberapa lembar daun sirih.
  • Rendam dengan air hangat.
  • Setelah dingin, saring lalu gunakan untuk berkumur.
  • Lakukan setiap hari.

Jika ada sisa, air rendaman bisa Anda simpan dalam kulkas untuk digunakan lagi keesokan harinya.

  1. Jahe

Manfaat jahe untuk kesehatan sudah dipercaya dan digunakan sejak zaman dahulu hingga sekarang, khasiatnya sudah banyak diakui dalam dunia medis.Untuk mengatasi bau mulut dengan jahe, Anda bisa menggunakan air rebusan jahe yang diiris-iris untuk berkumur atau yang diseduh jadi teh. Cara lainnya, parut halus beberapa rimpang jahe lalu peras airnya, campurkan air perasan jahe tersebut dengan air hangat untuk obat kumur setiap hari. Jahe mengandung senyawa antibakterial seperti gingerol yang ampuh bakteri dan mikroba penyebab bau mulut.

  1. Alpukat

Bau mulut (halitosis) dapat diusir dengan rajin mengkonsumsi buah alpukat. Buah yang kaya antioksidan ini bisa Anda makan mentah atau dijadikan jus. Konsumsi buah alpukat di pagi hari akan membuat napas segar sepanjang hari, juga mencerahkan warna gigi.

  1. Perbanyak minum air putih

Cara mengatasi bau mulut yang satu ini sangat mudah dilakukan, jadi tidak ada alasan untuk tidak melakukannya ya. Mencukupi kebutuhan air dalam tubuh minimal 8 gelas per hari tak hanya bermanfaat menghindarkan tubuh dari dehidrasi dan kulit kering. Tetapi juga sebagai sumber tenaga dan mencegah mulut kering dan berbau.

Nah, itulah sedikit ulasan penyebab dan cara mengatasi bau mulut secara alami.Yang terpenting jangan lupa untuk rutin menyikat gigi minimal 2 kali sehari dan dukung juga dengan poin-poin lain di atas. lakukan dengan konsiseten, maka hasilnya akan semakin mudah didapat dan dengan begitu kepercayaan diri Anda kembali full.

Incoming search terms:

  • cara menghilangkan plak dan karang gigi secara alami
  • pencegah bau mulut

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.