Nikah siri dalam islam beserta penjelasannya

Nikah siri dalam islam – Saat ini pernikahan siri sudah sering dilakukan dari kalangan menengah keatas seperti para artis atau pejabat di pemerintahan. Peningkatan terhadap jumlah pernikahan siri membuat banyak masyarakat ingin mengetahui tentang arti dan hukum dalam Islam. Hal yang harus dipertimbangkan adalah sebenarnya nikah siri bukan menjadi tradisi umat Islam. Apalagi Rasullullah SAW meminta kita untuk memberitahu pernikahan yang dilakukan kepada masyarakat pada umumnya. Hal ini menjadi dasar penting untuk membina rumah tangga sakinah, mawadah dan rahmah. Pernikahan ideal yang disarankan itu juga menjadi awal untuk meningkatkan saling pengertian antara kewajiban yang harus dilakukan istri kepada suami atau sebaliknya.

Hal ini juga menjadi latar belakang untuk mengetahui nikah siri dalam Islam. Berikut beberapa penjelasan yang mungkin bisa menjadi pertimbangan agar bisa menjadi landasan yang kuat untuk mengetahui pengertian hingga dasar hukum nikah siri.

Pengertian Nikah Siri

Nikah Siri berasal dari kata dasar “sirri” yang merupakan bahasa Arab dengan arti ‘rahasia’. Berdasar pengertian dari imam Maliki, pernikahan Sirri adalah pernikahan yang dilakukan dengan berdasar kemauan pihak suami dan para saksi juga harus mampu untuk merahasikan dari pihak lain. Hal ini juga menjadi pertentangan bagi Madzhab Maliki karena pernikahan siri bisa dibatalkan dan pelakunya akan mendapatkan hukum cambuk atau rajam. Namun, menurut Madzhab Hambali bahwa pernikahan siri bisa dilakukan apabila mengikuti ketentuan syari’at Islam, bahkan kedua belah pihak memiliki hak untuk merahasiakan. Hal ini akan menjadi dasar pertimbangan bagi pihak suami dan istri untuk melakukan pernikahan sirri.

BACA JUGA :  Doa setelah akad nikah dan artinya

Pandangan masyarakat terhadap nikah siri dalam Islam

apa itu nikah siri

Saat ini, masyarakat juga memiliki hak untuk memberikan pandangan terhadap pernikahan siri yang kerap dilakukan para artis dan pejabat. Berikut ini beberapa pandangan secara umum yang sering ada di seluruh kalangan masyarakat:

  1. Pernikahan tanpa wali
    Pandangan ini memberikan arti bahwa pernikahan dilakukan secara rahasia karena tidak melibatkan keluarga dari kedua belah pihak. Latar belakang dari ketidaksetujuan salah satu pihak menjadi dasarnya.
  2. Pernikahan sah di mata hukum agama
    Pandangan ini menganggap bahwa pernikahan ini tidak akan dicatat di dalam lembaga negara. Namun, dilakukan mengikuti ketentuan syari’at Islam.
  3. Pernikahan yang dilakukan secara rahasia
    Pandangan ini menganggap bahwa pernikahan siri dilakukan secara rahasia untuk menghindari fitnah atau perlakukan buruk dari masyarakat luas.

Penjelasan nikah siri dalam Islam

Sebenarnya pernikahan siri dalam Islam telah dilarang. Hal ini karena Islam melarang pernikahan yang melibatkan seorang wanita tanpa diketahui oleh pihak wali. Dasar dari ini ada pada hadist nabi yang disampaikan oleh Abu Musa ra
bahwasanya Rasulullah saw bersabda;

BACA JUGA :  5 Hal Positif Jika Menikah Dengan Yang Belum Lama Dikenal

لا نكاح إلا بولي

“Tidak sah suatu pernikahan tanpa seorang wali.”

Hadist itu kemudian diperkuat dengan hadist Aisyah ra, bahwasanya Rasulullah saw pernah bersabda:

أيما امرأة نكحت بغير إذن وليها فنكاحها باطل, فنكاحها باطل , فنكاحها باطل

“Wanita mana pun yang menikah tanpa mendapat izin walinya, maka pernikahannya batil; pernikahannya batil; pernikahannya batil”.

Selain itu, Abu Hurayrah ra juga meriwayatkan sebuah hadits, bahwasanya Rasulullah saw bersabda:

لا تزوج المرأة المرأة لا تزوج نفسها فإن الزانية هي التي تزوج نفسها

”Seorang wanita tidak boleh menikahkan wanita lainnya. Seorang wanita juga tidak berhak menikahkan dirinya sendiri. Sebab, sesungguhnya wanita pezina itu adalah (seorang wanita) yang menikahkan dirinya sendiri”.

nikah siri dalam islam

Hal inilah yang menjadi dasar bahwa nikah siri dalam Islam sangat dilarang. Pernikahan yang dilakukan tanpa wali oleh salah satu atau kedua belah pihak sangat bersifat batil. Demikian artikel kali ini tentang Nikah siri dalam islam beserta penjelasannya, apabila ada kesalahan tolong diingatkan pada kolom komentar dibawah. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply