Tips Mengatur Biaya Nikah 50 Juta Kebawah

  • Whatsapp
Biaya Nikah 50 Juta Ke Bawah.jpg
Gambar Ilustrasi

Carapdkt.net – Squad pejuang cinta sejati, bagaimana kisah Anda hari ini? asmara? keuangan? karir? semoga semuanya baik-baik saja, saya ikut prihatin dengan kondisi sekarang karena merebaknya penularan wabah virus corona sehingga tidak sedikit calon pengantin menunda acara pernikahan mereka, bagi yang sedang menghitung budget nikah silahkan simak ulasan ini karena akan membahas biaya nikah 50 juta kebawah semoga dapat memberikan kontribusi bagi Anda dan pasangan.

Bagi calon pengantin dampak virus yang sudah menjadi pandemi global  ternyata ada positifnya yaitu budget pernikahan menjadi lebih hemat hingga dua kali lipat karena prosesi pernikahan saat ini hanya bisa digelar dengan sangat sederhana dan tidak diperbolehkan ada pesta yang dapat menyebabkan kerumunan orang banyak sehingga menimbulkan potensi penyebaran virus yang sudah menggemparkan dunia itu.

Tanpa adanya virus corona pun biaya pernikahan sejatinya memang murah tetapi sebagian orang masih takut untuk menikah karena estimasi biaya yang mahal. Padahal jika ditelisik lebih jauh, menikah itu sama sekali tidak mahal bahkan dengan uang dibawah 5 juta pun Anda bisa menikah secara resmi di KUA bahkan bisa sampai dibawah 2 juta, murah kan? Terlepas dari itu, bagi yang ingin ada pesta maka pastinya memerlukan sedikit persiapan namun please jangan dipaksakan jika tidak mampu dengan biaya pesta, lakukan sesuai kemampuan Anda dan keluarga.

Baca: Syarat Nikah Paling Baru Wajib Anda Tahu

Dengan dana terbatas, Anda dan pasangan masih bisa menyelenggarakan pernikahan impian. Jika Anda ingin menikah dalam waktu dekat, maka bisa menyimak informasi estimasi biaya nikah 50 Juta ke bawah, anggap saja corona virus sudah berlalu. Ulasan ini tidak berlaku bagi Anda yang akan menikah di masa tanggap darurat Covid-19 yang hingga bulan April 2020 masih berkecamuk karena jika mau nikah bulan ini dengan uang 5 Juta saja sudah cukup (sudah termasuk biaya transportasi dan konsumsi para saksi-saksi ).

Perlu Anda perhatikan bahwa hal paling penting yang menjadi esensi dari suatu pernikahan bukan terletak pada mewahnya resepsi. Esensi pernikahan adalah bagaimana prosesi ikatan suci tersebut akhirnya diresmikan. Menikah itu yang penting sah di mata agama dan hukum. Maka dari itu, jangan pernah takut nikah mahal. Anda bisa menyimak estimasi budget pernikahan dengan biaya 50 juta ke bawah yang dihimpun dari berbagai sumber terpercaya, silahkan disimak dengan cermat!

Baca: Perspektif Fenomena Nikah Online dalam Masyarakat

Bagaimana Bisa Mengatur Biaya Nikah 50 Juta Ke Bawah?

Pada prinsipnya untuk biaya nikah diluar biaya KUA dan mahar harap disesuaikan dengan kemampuan, pertimbangkan penggunaan budget sebaik-baiknya dengan melewatkan biaya yang tidak penting selama prosesi pernikahan berlangsung, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan bila memang ingin menggelar acara pesta dalam pernikahan Anda:

1. Dekorasi dan tempat nikah

Hal yang perlu Anda perhatikan untuk mengatur budget nikah agar lebih hemat ialah dengan memperhatikan dekorasi dan tempat nikah. Sebagai permulaan Anda dan pasangan bisa merencanakan akad di KUA dengan dana hanya Rp.600.000,00 saja. Untuk persoalan persyaratan kesehatan mempelai wanita bisa langsung menuju ke puskesmas terdekat dengan persiapan dana sebesar Rp.100.000,00.

Jika masih ragu, mempelai wanita bisa meminta saran dari petugas KUA untuk memeriksakan kesehatan sebelum menikah di Puskesmas yang direkomendasikan. Biasanya mempelai wanita akan mendapatkan serangkaian pemeriksaan kesehatan seperti imunisasi TT 1 dan TT 2. Imunisasi ini penting untuk mencegah risiko tetanus saat melahirkan buah pernikahan nantinya.

Jika Anda dan pasangan ingin menikah baik dengan konsep indoor maupun outdoor, maka perlu mengalokasikan kurang lebih 30 persen demi keperluan venue beserta dekorasi pernikahan. Estimasi biayanya berkisar hingga Rp.15.000.000,00. Jangan lupa untuk membuat dekorasi tempat pernikahan seminimalis mungkin namun tetap berkesan indah demi menghemat budget.

Baca: Syarat Nikah di KUA Yang Harus Dipersiapkan Oleh Pengantin

2. Perhatikan hal-hal yang berkaitan dengan konsumsi

Budget nikah yang dirasa cukup besar datang dari bagian konsumsi. Tidak bisa dipungkiri bahwa budget konsumsi dalam gelaran acara pernikahan terbilang cukup banyak menyita anggaran. Ini penting mengingat sukses atau tidaknya gelaran acara resepsi pernikahan Anda tidak lain bergantung dari tingkat kelezatan menu makanan.

Anda mesti menyiapkan menu yang tidak hanya sekadar menarik saja, namun juga menyajikan cita rasa yang enak. Anda bisa menyajikan sejumlah menu utama yang enak dengan estimasi budget tidak besar seperti rendang, rica-rica ayam, ayam woku dan sebagainya. Untuk menu cuci mulut, Anda bisa menyajikan es krim, puding cokelat, sate buah dan sebagainya.

Pastikan juga sajian menu tersebut mencukupi kebutuhan awal bagi tamu undangan. Usahakan untuk melebihi jumlah perkiraan. Misalnya, apabila Anda mengundang 300 orang maka sebaiknya Anda menyiapkan porsi makanan untuk 600 orang. Minimal budget yang mesti Anda siapkan berkisar Rp.18.000.000,00.

Ini penting mengingat tidak setiap undangan hadir seorang diri. Bisa saja mereka mengajak pasangan atau anak-anak untuk menghadiri gelaran resepsi pernikahan Anda dan pasangan. Dalam urusan semacam ini, melebihkan itu lebih baik dibanding kekurangan. Lantas, bagaimana jadinya jika menu prasmanan Anda lebih dulu habis namun tamu masih berdatangan?

Baca: Masker Wajah Terbaik Untuk Perawatan Kulit Wajah

3. Perhatikan juga biaya make up

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam urusan pernikahan ialah biaya make up. Agar menghemat biaya pengeluaran Anda, maka bisa coba untuk mencari perias pengantin yang bertempat tinggal tidak jauh dari rumah. Berikan estimasi biaya make up sebesar Rp.5000.000,00 untuk Anda dan pasangan. Biaya tersebut sudah termasuk seragam orangtua dan keluarga kedua mempelai.

Pintar-pintarlah dalam menetukan pilihan baju akad dan resepsi pernikahan. Jangan terlalu mahal menyewa gaun pengantin. Yang terpenting, Anda tetap terlihat menawan di hari istimewa tersebut. Daripada membeli, ada baiknya untuk menyewa saja karena lebih murah. Selain itu, pakaian pernikahan hanya dipakai sekali seumur hidup.

Jadi, pertimbangan menyewa jauh lebih menggiurkan ketimbang membeli, bukan begitu? Ini juga berlaku bagi pasangan Anda. Jangan khawatir akan terlihat buruk. Anda masih bisa melakukan fitting baju pengantin pada jauh-jauh hari.

4. Pikirkan undangan dan souvenir pernikahan

Apabila Anda atau pasangan memiliki kemampuan desain grafis, maka ada baiknya untuk mendesain undangan pernikahan sendiri. Ini tentu akan lebih menghemat pengeluaran budget pernikahan Anda dan pasangan. Dengan mendesain undangan sendiri, maka Anda hanya perlu mengeluarkan budget untuk cetak undangan saja.

Kemudian, untuk persoalan souvenir Anda bisa membuat sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan yang sederhana. Misalnya, berupa tanaman hias, kantung teh, lilin aroma terapi, alat makan dan sebagainya. Siapkan saja anggaran untuk undangan dan souvenir pernikahan sebesar Rp.2000.000,00.

Baca: Status Hukum Nikah Online Bagi Pasangan LDR

5. Biaya dokumentasi pernikahan

Anda tentu ingin mengabadikan salah satu momen berharga dalam hidup Anda. Salah satunya adalah dengan mendokumentasikan momen tersebut ke dalam wujud potret. Tidak perlu mahal, kok! Anda bisa memberikan anggaran dokumentasi sebesar Rp.5000.000,00. Bahkan untuk lebih murah lagi Anda bisa menyewa jasa fotografer dari kerabat maupun teman.

Tarif teman atau kerabat tentu lebih terjangkau dibandingkan dengan tarif umum. Sebagai imbalan atas kebaikan tersebut, maka Anda bisa membalasnya dengan memberikan testimoni atau ikut mempromosikan jasa mereka.

6. Budget hiburan resepsi pernikahan

Dalam suatu gelaran resepsi pernikahan, hiburan sudah pasti menjadi hal yang perlu Anda cermati anggarannya. Untuk menghemat biaya pernikahan Anda dan pasangan, maka bisa coba untuk menyewa wedding music sesuai dengan anggaran. Anda juga bisa mencoba alternatif DJ set agar semakin menghemat biaya hiburan dalam resepsi pernikahan tersebut.

7. Siapkan budget tak terduga

Jangan lupa untuk menyiapkan budget tak terduga untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan. Walaupun seluruh hal sudah dimasukkan ke dalam budget perniakhan Anda, namun tidak ada salahnya untuk menyiapkan budget untuk antisipasi hal tak terduga. Misalnya, ada pembengkakan di biaya konsumsi atau keperluan lain menyangkut resepsi pernikahan Anda dan pasangan.

Dengan kata lain, Anda harus benar-benar menyiapkan budget pernikahan sedetail mungkin. Jangan sampai Anda justru merasa kesulitan di hari istimewa tersebut.

Informasi mengatur biaya nikah 50 juta kebawah tersebut kiranya dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin segera menggelar serangkaian acara pernikahan. Menikah itu tidak mahal, lho! Yang terpenting bahwa Anda dan pasangan telah dinyatakan sah sebagai pasutri. Gelar acara pernikahan seakan-akan tengah mengadakan syukuran akan hari bahagia tersebut. Kiranya niat baik Anda segera dikabulkan, ya!

RELATED POSTS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 76 = 80

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.