Manfaat Gula Merah untuk Kecantikan, Wanita Wajib Tahu!

Manfaat Gula Merah untuk Kecantikan – Jarang-jarang ada orang yang tidak suka dengan gula merah ya. Hal tersebut dikarenakan rasanya yang manis terbuat dari bahan alami. Rasa manis pada gula merah muncul karena adanya zat-zat seperti sukrosa, glukosa, dan fruktosa. Senayawa zata dan rasa manis legitnya tersebut berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh, membantu memperlambat penuaan dini, mencegah penyakit beri-beri, meningkatkan nafsu makan, dan meningkatkan kecerdasan anak-anak.

Kandungan Gula Merah

Di Indonesia sendiri gula merah adalah salah satu gula tradisional. Dan siapa sangka gula merah atau yang dikenal juga dengan sebutan gula jawa dan gula aren ini memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Gula merah mengandung 90 mg kalsium, vitamin A, beta karoten, zat besi dan laktoflavin. Selain kandungan tersebut, ada juga kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin B12, vitamin C, vitamin E, asam folat, thiamin, niacin, riboflavin, ascorbatic acid, garam mineral, protein dan vitamin A.

Manfaat Hebat Gula Merah untuk Kecantikan

Manfaat Gula Merah untuk Kecantikan

Melakukan perawatan kulit sekarang ini bisa lebih mudah dan efisien dilakukan sendiri di rumah. Salah satunya bisa dengan memanfaatkan bahan dapur gula merah. Selain untuk tambahan bahan makanan, gula merah juga banyak manfaatnya untuk kecantikan. Berikut adalah beragam manfaatnya untuk kecantikan yang bisa Anda peroleh.

  1. Mencegah dan mengatasi jerawat

Gula merah dapat mencegah terjadinya peradangan pada kulit wajah. Sehingga sangat aman untuk dijadikan masker untuk kulit wajah yang berjerawat dan komedo.

Untuk membuat masker gula merah untuk menghilangkan jerawat Anda bisa mengikuti cara berikut ini:

  • Siapkan gula merah yang telah dihaluskan secukupnya, lalu tambahkan 3 sendok makan minyak zaitun atau bisa juga baby oil.
  • Selanjutnya Anda bisa aplikasikan dengan mengoleksan merata pada wajah.
  • Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit.
  • Jika sudah agak kering bilas menggunakan air hangat.
BACA JUGA :  Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Lakukan minimal 3 kali dalam seminggu agar hasilnya cepat terlihat.

  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain dapat menghambat peradangan dan munculnya jerawat, gula merah juga dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah Anda. Tujuannya adalah untuk membuat wajah Anda lebih cerah dan tidak kusam. Anda bisa menggunakan gula merah dijadikan bahan scrub wajah untuk mengangkat sel kulit mati tersebut.

Caranya:

  • Ambil potongan gula merah sesuai yang Anda butuhkan.
  • Tambahkan 3 sendok minyak zaitun asli, aduk hingga berbentuk scrub.
  • Selanjutnya oleskan secara merata pada kulit wajah Anda, diamkan beberapa menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

Anda bisa mengaplikasikannya 2 kali dalam seminggu.

  1. Mengobati luka pada kulit wajah

Gula merah memiliki kelebihan sebagai anti mikroba dan anti inflamasi yang dapat mencegah adanya infeksi. Untuk itu sangat baik jika gula merah dijadikan sebagai obat luka pada kulit wajah. Anda bisa membuat pasta berupa gula merah yang dihancurkan lembut. Kemudian oleskan pada luka wajah. Ini bisa dijadikan sebagai alternative pertolongan pertama mengatasi luka pada kulit wajah.

  1. Melembabkan dan Mencerahan Kulit Wajah

Beragam memang manfaat gula merah untuk kecantikan, dan membuat kulit wajah lembab dan cerah merupakan salah sataunya. Perawatan ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering. Anda bisa menggunakan gula merah ini sebagai masker alami untuk menghindarkannya dari kekeringan sekaligus mencerahkannya.

Caranya:

  • Hancurkan beberapa potong gula merah kemudian tambahan madu dan minyak zaitun secukupnya.
  • Selanjutnya aduk hingga menjadi pasta atau clay. Kemudian aplikasikan pada wajah Anda.
  • Tunggu beberapa menit jika sudah merasa kering dan meresap sempurna, Anda bisa membilasnya dengan air hangat.
BACA JUGA :  Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok Pada Remaja

 

  1. Pelembab Alami Bibir

Sangat tidak nyaman bukan memiliki kondisi bibir yang hitam atau pecah-pecah? Nah, selain gula putih atau gula pasir yang dipercaya dapat membantu mengatasi masalah bibir tersebut. Gula merah pun bisa juga membantu masalah bibir yang hitam atau pun pecah-pecah sebagai pelembab alaminya. Sehingga, Anda tidak perlu lagi menggunakan lipblam sebelum mengaplikasikan lipstik. Anda bisa melakukan treatment membuat scrub gula merah pada bibir Anda. Caraya tidak ribet, cukup ambil gula merah yang sudah ditumbuk, kemudian gosokan secara halus pada bibir anda. Lakukan 3 kali seminggu.

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Kecantikan seseorang erat kaitannya dengan lancarnya sirkulasi darah dalam tubuh. Sirkulasi darah yang lancar selain membantu menghindarkan risiko penyakit-penyakit berbahaya seperti  hipertensi, jantung dan stroke. Gula merah yang dikonsumsi langsung secukupnya, juga menjaga kecerahan kulit wajah Anda dalam waktu lama karena menutrisinya dari dalam.

  1. Sumber Antioksidan

Antioksidan dalam gula merah akan menangkal radikal bebas dalam tubuh dan menghindarkan dari berbagai jenis penyakit, contohnya kanker kulit. Dengan rutin mengkonsumsi gula merah akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dibanding orang yang enggan mengkonsomsinya. Manfaat lainnya adalah saluran pernapasan Anda semakin kuat, saat beraktifitas atau berolahraga.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Sedang diet? Tak perlu khawatir mengonsumsi makanan manis yang olah berbahan gula merah. Kenapa? Sebab gula merah mengandung kalori rendah sehingga aman dikonsumsi meskipun sedang diet.

Itulah manfaat gula merah untuk kecantikan yang wajib diketahui, terutama wanita. Sebuah cara yang mudah untuk perawatan kesehatan dan kecantikan. Tak perlu mahal, tak perlu sakit, cukup rutin mengonsumsi gula merah dan diimbangi dengan pola hidup serta olahraga teratur.

Leave a Reply