Makanan Sehat untuk Penderita Maag Agar Tidak Kambuh

Makanan Sehat untuk Penderita Maag Agar Tidak Kambuh – Jangan makan itu, nanti maag kamu kambuh lho! Sering mendengar anjuran seperti itu? Sejatinya sedang sakit ataupun tidak, makanan merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi kebugaran tubuh manusia terutama untuk para remaja yang memang jadwal makannya tidak teratur. Dan faktanya, seseorang yang menyandang status sehat saja harus menjaga pola makannya, apalagi untuk penderita maag? Tentu lebih ketat.

Maag atau sering juga disebut dispepsia dialami oleh hampir 40% dewasa setiap tahunnya. Adapun penyebab maag di antaranya melewatkan sarapan, sering telat makan siang, atau bahkan hanya makan satu kali dalam sehari. Makanan yang Anda konsumsi juga berpengaruh, misalnya makan makanan berlemak tinggi, pedas, banyak mengandung gas, dan mengonsumsi kafein saat perut kosong.

Makanan Agar Maag Tidak Kambuh Pada Remaja

makanan sehat untuk penderita maag

Maag memang tidak seberbahaya penyakit jantung, tapi jika dibiarkan menjadi maag kronis juga akan mengancam nyawa. Untuk itu Anda perlu berhati-hati saat beraktivitas maupun mengkonsumsi makanan yang dianggap pantangan untuk penyakit maag. Jangan sampai maag kambuh saat sedang bepergian atau di acara penting tentu akan sangat mengganggu. Berikut resep makanan sehat untuk penderita maag agar tidak mudah kambuh.

  1. Pisang

Rupanya pisang yang biasanya tersedia di meja makan sebagai makanan penutup ini tak hanya bagus untuk pencernaan, tapi  juga cukup efektif meredakan maag. Mengonsumsi beberapa buah pisang sebagai cemilan dapat meredam produksi asam lambung karena kandungan zat antasida. Namun, penting diketahui tidak semua penderita maag cocok mengonsumsi pisang sebagai obat agar maag tidak kambuh. Jika dirasa maag justru semakin parah, hentikan mengonsumsi buah pisang dan coba pilih alternatif lain.

  1. Kacang hijau

Kacang hijau mudah didapatkan di pasar. Biasanya kacang hijau akan diolah menjadi bubur atau minuman sari kacang hijau untuk menu santai-santai, tapi sudah tahukah Anda selain enak dijadikan kedua olahan tersebut, kacang hijau juga dipercaya sebagai bahan alami penyembuh maag yang menyiksa. Di dalam sebutir kacang hijau, terdapat nutrisi hebat penurun kadar asam labung tinggi.

BACA JUGA :  Tips Dan Cara Diet Tanpa Tersiksa

Caranya:

  • Rendam kacang hijau selama kurang lebih 30 menit, lalu rebus ke dalam air mendidih kira-kira sebanyak 3 gelas.
  • Kalau airnya tinggal setengah, dinginkan kemudian makan kacang hijau itu dengan air rebusannya. Takarannya adalah 1-2 sendok makan 3 kali sehari.
  1. Jahe

Bicara tentang obat tradisional penyakit maag, tentu tak terlepas dari jahe yang sudah dipercaya dan digunakan sejak zaman dahulu. Dibalik rasanya yang agak pedas namun membuat tubuh hangat bugar, jahe ternyata juga dapat menetralisir asam lambung agar tidak naik serta untuk mengurangi dari bau mulut.

Caranya:

  • Siapkan 3 cm jahe, lalu kupas dan parut jahe
  • Masukkan ke dalam segelas air hangat seperti membuat teh biasa, lalu minum

Konsumsi jahe sejumlah 2 sampai 4 gram saja, jangan lebih sebab dampaknya justru bisa memperparah sakit maag yang dialami.

  1. Madu asli

Manfaat madu untuk kesehatan maupun kecantikan sudah tidak diragukan lagi, untuk kecantikan madu biasa digunakan sebagai masker wajah agar cerah, juga masker bibir untuk mengatasi bibir pecah sekaligus memerahkannya. Sedangkan untuk kesehatan, sangat banyak madu bagus dikonsumsi setiap hari sebagai imun tubuh,  penyembuh luka, pereda batuk, maag, dll. Untuk memperoleh khasiatnya, Anda bisa langsung mengkonsusmi madu asli sebanyak 2 sdm setiap hari saat pagi dan malam sebelum tidur.

  1. Alpukat

Biar asam lambung Anda tidak mudah kambuh, Anda bisa mengamalkan rajin konsumsi buah alpukat. Berbagai macam kandungan zat yang terdapat dalam buah alpukat bermanfaat untuk menetralisir kondisi asam lambung tinggi. Mengonsumsi setengah buah alpukat sebelum makan bisa digunakan untuk menghilangkan rasa perih akibat maag.

  1. Sari Kedelai

Makanan sehat untuk penderita maag selanjutnya adalah sari kedelai. Produk olahan sari kedelai efektif mengobati dan mencegah maag kambuh dikarenakan kaya vitamin, kaya nutrisi, protein, lemak nabati dan antioksidan. Rutinlah mengkonsumsi sari kedelai agar maag Anda segera berangsur-angsur membaik.

BACA JUGA :  Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Hiper Pigmentasi Kulit

Caranya:

  • Sangrai biji kedelai lalu haluskan dengan ditumbuk atau blender.
  • Selanjutnya seduh menggunakan air panas dan minum selagi hangat.

Untuk hasil optimal, minum ramuan sari kedelai ini satu hari sekali secara rutin.

  1. Yogurt tanpa lemak

Dalam yogurt tanpa lemak terkandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh menyeluruh, tak terkecuali sakit maag. Mengonsumsinya secara rutin dan teratur akan menurunkan risiko terjadinya ulkus atau tukak lambung.

Anda bisa menikmati olahan yogurt dengan campuran buah-buahan segar seperti apel, pepaya, berry, melon, pisang, dll. Bisa juga menambahkan madu asli.

  1. Bubur

Disaat maag yang Anda derita terasa akan kambuh, berbagai jenis olahan bubur seperti bubur ayam dan segelas air putih hangat baik dikonsumsi untuk mengisi perut dan mencegah maag kambuh. Bubur ayam memiliki manfaat yang jarang diketahui, yaitu dapat membantu meringankan rasa nyeri, perih dan aman dicerna lambung.

  1. Kunyit

Ramuan kunyit terkenal untuk mengecilkan perut buncit, tapi jika digali lebih mendalam masih banyak manfaat hebatnya untuk kesehatan dan untuk meradakan maag termasuk salah satunya.

Caranya:

  • Rebus kunyit atau kunir yang sudah diiris kasar atau dicincang dengan 1,5 gelas air selama 15 menit
  • Tambahkan madu asli atau gula merah agar rasanya lebih bersahabat.
  • Bangkit dan saring, lalu minum ramuan rebusan kunyit tersebut.
  • Minumlah setiap hari, dan rasakan maag Anda akan berangsur membaik dan tidak mudah kambuh.

Itulah  beberapa jenis makanan sehat untuk penderita maag agar tidak kambuh. Esensi dari sebuah makanan bukanlah terletak dari harganya yang waw dan rasanya yang wah, namun yang jauh lebih penting dari itu adalah khasiat dan manfaat di dalamnya. Terlebih untuk Anda yang masih muda, faktor kesehatan wajib dijaga agar masa tua Anda tidak mudah sakit

Incoming search terms:

  • cara mencegah maag

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.