Ini dia Penyebab Pori-pori Kulit Membesar

carapdkt.net – Bagaimana jika suatu hari Anda melihat diri Anda di cermin dan tiba-tiba melihat pori-pori kulit membesar di hidung dan tulang pipi? Lubang-lubang kecil ini adalah folikel rambut, atau yang disebut pori-pori, yang memengaruhi penampilan Anda. Setiap dari kita memiliki jenis kulit tertentu dengan pori-pori yang berbeda. Artikel berikut akan memberi Anda beberapa informasi berguna untuk membantu Anda lebih memahami kulit Anda.

Ada ribuan pori-pori yang ada di kulit Anda. Mereka adalah pintu gerbang ke racun, minyak dan keringat menyingkirkan tubuh. Minyak yang diekstraksi dari pori-pori sering disebut sebum. Mereka memiliki peran dalam menjaga kulit Anda terhidrasi. Namun, ketika ada terlalu banyak minyak, folikel rambut mudah tersumbat oleh sebum, sel-sel mati dan bakteri, yang pada gilirannya menyebabkan jerawat. Minyak berlebih juga menyebabkan kondisi pori-pori besar. Jadi, jika Anda memiliki kulit berminyak, pori-pori Anda biasanya lebih besar daripada kulit kering.

penyebab pori-pori membesar

Ketika pori-pori mengembang. Mereka akan merusak struktur kulit, membuat kulit kurang halus dan kehilangan kesempurnaannya. Itu akan membuat Anda kehilangan kepercayaan diri dalam kontak dengan orang lain dari jarak dekat.

BACA JUGA :  Bagaimana injeksi kolagen dapat mengatasi masalah kulit?

Apa yang membuat pori-pori membesar?

Ada banyak alasan untuk meningkatkan ukuran pori-pori. Berikut beberapa penyebab umum:

  • Genetika

Ukuran pori-pori dapat diwariskan. Jika orang tua Anda memiliki kulit berminyak dengan pori-pori besar, maka Anda akan mewarisinya dari mereka. Anda tidak dapat menghindari pori-pori kulit besar dari gen, tetapi ada banyak cara untuk membatasi mereka.

  • Kulit berminyak

Ketika Anda memiliki kulit berminyak, penting untuk mencuci wajah Anda secara teratur untuk menghilangkan kelebihan minyak. Jika Anda tidak menjaga kulit bersih, minyak berlebih dan kotoran, sebum dan bakteri akan menumpuk yang menyebabkan jerawat. Namun jangan lupa untuk mencuci wajah Anda terlalu banyak dalam sehari. Kulit berminyak adalah kekurangan air. Karena itulah minyak ini disekresikan untuk menjaga kelembapan kulit. Ketika Anda mencuci muka terlalu banyak, terkadang Anda secara tidak sengaja akan membuang terlalu banyak minyak dan menyebabkan kulit Anda kering. Anda hanya harus mencuci muka 1-2 kali sehari dengan pembersih.

  • Lama terpapar matahari

Ketika kulit Anda terkena sinar matahari, sinar UV dan radikal bebas di bawah sinar matahari dapat merusak sel-sel kulit yang membuat pori-pori menjadi lebih besar. Sel-sel ini kemudian akan fokus pada pori-pori dan mengentalkan pori-pori. Kemudian, pori-pori Anda tampak lebih jelas di wajah Anda.

  • Perubahan hormonal
BACA JUGA :  Rahasia Perawatan Kulit di Sekitar Mata

Tubuh wanita selama kehamilan atau menopause akan memiliki perubahan hormonal tertentu. Ini mengarah pada pembesaran folikel rambut. Pria biasanya memiliki folikel rambut lebih besar daripada wanita karena mereka tidak memiliki kebiasaan perawatan kulit sehari-hari. Namun, wanita mengalami perubahan hormonal yang memengaruhi ukuran pori-pori.

Seiring bertambahnya usia, tubuh kita tidak akan lagi menghasilkan cukup kolagen dan elastin untuk memastikan elastisitas dan kekencangan kulit. Akibatnya, struktur kulit akan terpengaruh, menyebabkan ukuran pori-pori meningkat.

Meskipun pori-pori besar tidak membahayakan kesehatan Anda, itu bisa membuat kulit Anda terlihat tidak rata dan impoten. Oleh karena itu, untuk memiliki kulit yang sehat, Anda perlu memperhatikan dan merawatnya setiap hari, ini akan membantu Anda segera menemukan masalah kulit Anda dengan resolusi yang tepat waktu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.