Estimasi Detail Rincian Biaya Menikah Tahun 2020

  • Whatsapp
Contoh rincian biaya menikah.jpg
Contoh acara pernikahan dengan resepsi

Carapdkt.net – Squad, Jika menikah adalah salah satu resolusi yang ingin Anda wujudkan di tahun ini, hal pertama yang harus Anda pahami adalah menikah tidak hanya butuh modal niat dan cinta lho, tapi juga usaha nyata. Mulai dari meminta izin dan restu kedua orang tua, hingga menyiapkan rincian biaya menikah untuk menyesuaikan dengan ketersediaan dana yang semuanya perlu dipersiapkan dengan matang agar hari H dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan.

Bagi anda yang sedang merencanakan konsep pernikahan dan bingung apa saja yang harus dibiayai mulai dari persiapan undangan, komponen yang diperlukan sepanjang acara dan hal lain yang lazimnya diadakan dalam sebuah pesta pernikahan pada ulasan ini akan dibahas contoh sederhana rincian biaya nikah tahun 2020. Ingat, sesuaikan dengan nkemampuan dan jangan terlalu memaksakan diri bila ada keterbatasan biaya.

Lantas, berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk menikah di tahun 2020? Pertanyaan semacam ini pasti terus menghantui para pasangan yang akan menikah di tahun ini, tapi jangan khawatir soal biaya karena menikah itu tidak mahal kecuali Anda ingin menggelar sebuah resepsi yang meriah pastinya akan menelan biaya yang besar. Bagi Anda yang sedang mencari referensi, maka jangan lewatkan pembahasan ini, silahkan disimak sampai tuntas.

Baca: Tips Mengatur Biaya Nikah 50 Juta Kebawah

Contoh Rincian Biaya Menikah Tahun 2020

Untuk para pria yang sedang berencana melamar kekasihnya, intip dulu yuk rincian biaya yang perlu disiapkan jika lamaran diterima dan akan segera melangsungkan pernikahan.

1. Seserahan

Seserahan, atau disebut juga dengan hantaran adalah salah satu tradisi turun-temurun yang dilakukan sebelum acara pernikahan atau biasanya saat lamaran, yang diberikan dari keluarga pria kepada mempelai wanita. Karena itu, seserahan umunya berisi barang-barang wanita seperti perlengkapan sholat/ibadah, kebaya, gaun pesta, makeup, tas, sepatu, jam tangan, peralatan mandi, dan perhiasan.

Ada juga beberapa makanan dan buah-buahan untuk keluarga pihak wanita. Estimasi biaya untuk seserahan bervariasi tergantung pada merk dan jumlah barang yang dibawa. Namun, versi sederhananya adalah mulai dari Rp 5.000.000.

2. Mahar

Mahar bisa berupa seperangkat alat sholat, sejumlah uang tunai, dan logam mulia (cincin, kalung, gelang, emas batangan, berlian, dll). Estimasi biaya untuk mahar jika berupa logam mulia 10 gram adalah sekitar Rp 7.500.000.

3. KUA

Jika ingin berhemat, Anda bisa melangsungkan akad nikah di KUA secara gratis pada hari dan jam kerja, yaitu Senin-Jumat pukul 07.30-16.00 WIB dengan jam istirahat pukul 12.00-13.00 WIB. Khusus hari Jum’at, jam kerjanya adalah pukul 07.30-16.30 WIB, dengan jam istirahat pukul 11.30-13.00 WIB.

Jika Anda datang saat hari libur atau weekend, atau jika Anda melaksanakan pernikah di luar KUA, biayanya adalah sebesar Rp 600.000. Secara aturan, biaya ini sudah termasuk biaya penghulu. Namun beberapa daerah terkadang memberlakukan biaya tambahan dengan dua kemungkinan.

Pertama, adanya tarikan dana di luar dari instansi Kemenag, misalnya ada biaya untuk pembayaran surat pengantar RT/RW yang diatur oleh kelurahan di masing-masing wilayah atau lokasi. Kedua, adanya oknum yang sengaja meminta uang tambahan dengan dalih uang penghulu atau uang ucapan terima kasih.

Baca: Syarat Nikah di KUA Yang Harus Dipersiapkan Oleh Pengantin

4. Cincin Nikah

Harga cincin nikah sangat bervariasi tergantung pada model, berat, jenis bahan, dan brand. Sebagai contoh, sepasang cincin nikah berbahan emas 17 dan 18 karat, berat 3-5 gram dan dengan model sederhana dibanderol dengan harga mulai dari Rp 5.000.000.

Jika Anda ingin mendesain sendiri cincin nikah, biasanya akan ada biaya tambahan sebesar Rp 500.000 – Rp 1.000.000 per cincin, tergantung pada tingkat kesulitan. Jadi, harga untuk sepasang cincin custom adalah sekitar Rp 8.000.000.

5. Wedding Organizer

Menggunakan jasa WO adalah pilihan terbaik jika Anda dan pasangan memiliki banyak aktivitas dan tugas. WO akan membantu segala persiapan pernikahan dan menawarkan jasa mulai dari konsep, dekorasi, venue, catering, make up, souvenir, dan detail lain.

Harga WO tergantung di kota mana Anda tinggal dan WO mana yang Anda gunakan. Tapi di wilayah Jakarta dan sekitarnya, biaya WO paling murah adalah sekitar Rp 8.000.000.

6. Gedung

Dalam rincian biaya menikah, gedung perlu dipertimbangkan apakah masuk list atau tidak Jika karena cukup menyita biaya, apabila Anda tinggal di Jakarta atau sekitarnya, harga sewa gedung kantoran untuk acara penikahan adalah kisaran Rp 150.000.000-Rp 300.000.000 untuk kapasitas 1.000 orang. Sedangkan versi hemat di aula masjid dengan daya tampung hingga 500 orang adalah sekitar Rp 70.000.000.

Pastikan Anda melakukan booking gedung dari jauh-jauh hari, terutama jika budget Anda terbatas. Idealnya adalah melakukan pemesanan sekitar 6 bulan atau bahkan 1 tahun sebelum hari-H. Jika Anda memesannya terlalu dekat dengan hari pernikahan, gedung biasanya sudah full booked dan Anda harus mencari gedung lain yang mungkin saja harga sewanya lebih mahal.

7. Katering dan Dekorasi

Dekorasi dan katering untuk pernikahan menjadi salah satu hal penting yang juga perlu dipersiapkan dengan baik. Apalagi untuk katering prasmanan dengan pilihan menu yang beragam, harganya tidak bisa dibilang murah..

Untuk paket katering paling hemat adalah mulai dari Rp 50.000 ribu/orang. Jika yang Anda butuhkan adalah 500 porsi misalnya, maka total biaya katering adalah Rp 25.000.000. Sedangkan untuk biaya dekorasi, biasanya mulai dari Rp 10.000.000.

8. Undangan dan Souvenir

Estimasi biaya untuk undangan cetak adalah sekitar Rp 5.000. Jika jumlah yang dibutuhkan adalah 500, maka total biaya adalah Rp 2.500.000. Untuk souvenir, jika Anda memilih dompet atau card holder, harga per pcs biasanya sekitar Rp 8.000. Untuk 500 orang maka total biaya adalah Rp 4.000.000.

9. Rias dan Baju Pengantin

Jasa paket rias dan sewa baju pengantin paling murah adalah sekitar Rp 8.000.000. Jika Anda berencana untuk membuat atau membeli baju pengantin sendiri dan menggunakan jasa MUA profesional, biayanya tentu akan jauh lebih tinggi.

10. Dokumentasi

Jika ingin mengabadikan momen pernikahan dalam bentuk foto dan video, Anda bisa menggunakan jasa dokumentasi pernikahan yang biasanya memiliki banyak paket yang bisa Anda pilih sesuai dengan anggaran. Untuk paket standar, harga yang dipatok adalah mulai dari Rp 8.000.000.

11. Biaya Tambahan Lainnya

Selain deretan biaya di atas, ada juga nih biaya tambahan lain yang perlu Anda siapkan, seperti biaya seragam keluarga dan groomsmen/bridesmaid, kue pengantin, hiburan musik dan MC, atau sewa mobil pengantin. Sebagai gambaran, biaya untuk seragam biasanya mulai dari Rp 200.000/baju, hiburan musik mulai dari Rp 3.000.000, kue pengantin sekitar Rp 3.000.000, dan sewa mobil Rp 1.000.000.

Diskusikan dan catat dengan pasangan Anda apa saja rincian yang dibutuhkan dan berapa banyak biaya yang Anda siapkan. Jika ingin lebih murah, Anda bisa memotong biaya tambahan, jika ingin pesta yang lebih mewah, tentu saja budget Anda harus dinaikkan. Setelah mengetahui estimasi rincian biaya menikah di 2020, apakah Anda sudah siap melamar pasangan?

RELATED POSTS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

64 + = 65

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.