Empat Kebiasaan Salah dalam Mengobati Jerawat

Empat Kebiasaan Salah dalam Mengobati Jerawat – Jerawat memang menjadi masalah kulit yang sangat merusak penampilan. Tak jarang orang akan kehilangan rasa percaya diri mereka hanya karena jerawat, belum lagi bekas yang ditinggalkan oleh jerawat bisa bertahan lama pada kulit wajah yang membuat kulit wajah menjadi tidak enak dipandang. Oleh karenanya, banyak orang yang melakukan berbagai treatment yang bertujuan untuk menghilangkan jerawat. Tapi sering kali mereka salah langkah dalam melakukan pengobatan untuk jerawat yang mereka alami termasuk mengempeskan jerawat dengan cara memencetnya hingga cairan dalam jerawat keluar dan menyebar ke area lain pada wajah.

Oleh karenanya, banyak orang yang mengeluh meski telah melakukan berbagai macam pengobatan, jerawat yang mereka derita tidak semakin hilang malah semakin menjadi. Hal tersebut dapat disebabkan Empat Kebiasaan Salah dalam Mengobati Jerawat yang sering dilakukan, jadi jangan percaya pada iklan yang menjanjikan jerawat anda akan hilang dalam sehari. Apa saja kebiasaan itu? Berikut ini ulasanya.

Kebiasaan Yang Salah Dalam Mengobati Jerawat

Empat Kebiasaan Salah dalam Mengobati Jerawat

  1. Gonta-ganti Menggunakan Produk Obat Jerawat

Dewasa ini banyak sekali produk-produk perawatan kulit yang menawarkan mengobati jerawat dengan cepat untuk para wanita remaja. Tapi adakalanya, sudah sering anda gunakan produk itu tapi hasil yang anda inginkan tak kunjung didapatkan, sehingga anda memutuskan untuk menggantinya dengan produk lain.

Hati-hati..!! Sifat kurang sabar yang anda miliki dapat berakibat fatal bagi kulit anda. Karena pada dasarnya, penyembuhan jerawat itu memerlukan ketekunan dan kesabaran. Bahkan terkadang untuk mengobati jerawat, tak cukup hanya memakan waktu satu atau dua bulan saja.

BACA JUGA :  Beberapa Mitos yang Salah Mengenai Jerawat

Berganti-ganti produk perawatan kulit, dapat memperburuk keadaan. Karena produk kecantikan tersebut terbuat dari unsur kimiawi, dan tiap kali menggunakan produk, maka kulit kita akan berusaha menyesuaikan dengan unsur kimiawi yang ada dalam produk tersebut.

Terlalu sering berganti produk akan membuat kulit anda susah beradaptasi karena tak cukup waktu, sehingga akan membuat masalah kulit yang anda alami semakin parah dan jerawat semakin banyak.

  1. Menekan dan Memencet Jerawat

Tak bisa dipungkiri, timbulnya jerawat di area wajah memang terlalu menggoda untuk sekedar disentuh atau bahkan ditekan-tekan. Bahkan ada sebagian orang yang nekat memencet jerawat mereka dengan harapan setelah itu jerawat akan sembuh.

Tapi apakah anda tahu? Bahwa cara ini sangat tidak disarankan dan harus anda hindari. Karena menekan atau memencet jerawat, dapat menimbulkan infeksi pada luka, dan ketika jerawat itu mengering dan sembuh, akan meninggalkan bekas noda atau jaringan parut yang susah sekali dihilangkan.

Apa lagi jika anda memencet jerawat dalam kadaan tangan anda kotor. Jika memang terasa sakit karena jerawat yang meradang, sebaiknya gunakan es batu yang dibalurkan pada area jerawat. Lalu dapat anda teruskan dengan memberi gel obat jerawat sebagai langkah perawatan secara rutin setiap hari.

  1. Tidak Memperhatikan Formula Obat Jerawat

Sering kali kita termakan oleh iklan obat jerawat yang menjanjikan dapat mengobati jerawat dengan cepat. Sehingga kita beranggapan bahwa produk itu sangat cocok dan pas untuk anda gunakan.

Hati-hati..!! Karena setiap kulit itu memiliki jenis yang berbeda, sehingga membutuhkan produk dan perawatn yang berbeda pula. Langkah pertama, kenali dulu jenis kulit anda. Lalu pilihlah produk obat jerawat yang sesuai dengan karakter kulit anda. Misalnya saja jika kulit anda jenis kulit kering, maka anda dapat memilih obat jerawat atau produk perawatan kulit yang tidak memiliki kandungan alcohol.

BACA JUGA :  Cara Mengatasi Penuaan Dini Pada Kulit Wajah

Jika kulit anda adalah jenis kulit berminyak, maka gunakan produk yang memiliki keterangan oil-free dengan bentuk gel atau losion, hindari produk berbentuk cream. Dan jika kulit anda jenis kulit sensitive, anda dapat memilih produk yang memiliki komposisi yang ringan dan lembut sehingga aman bagi kulit anda yang sensitive.

  1. Membersihkan Wajah Terlalu Sering

Ketika anda mengalami jerawat atau berusaha mencegah jerawat, banyak yang beranggapan membersihkan wajah dengan rutin dapat menjadi solusinya. Biasanya mereka membersihkan wajah dengan menggunakan produk yang mengklaim mampu mengobati dan mencegah jerawat.

Anda harus lebih waspada..!! meski langkah yang anda lakukan benar, tapi tidak semuanya tepat. Semua membutuhkan takaran dan aturan yang pas. Karena meski jerawat bisa timbul karena berbagai kotoran dan bakteri yang menyumbat pori-pori wajah, tapi terkadang jerawat juga bisa disebabkan karena pengaruh hormone atau bahkan penggunaan produk yang keliru.

Jika diteruskan, justru akan membuat jerawat semakin beranak pinak dan tambah banyak. Oleh karenanya, pilih produk yang tepat sebagai langkah awal. Dan cuci muka maksimal tiga kali sehari sebagai upaya perawatan dan pencegahan. Jika terlalu sering, dapat membuat kulit anda semakin kering dan bermasalah.

Empat Kebiasaan Salah dalam Mengobati Jerawat ini sebaiknya anda hindari, mulailah melakukan cara-cara yang tepat dalam mengobati jerawat agar usaha yang anda lakukan tak sia-sia.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.