Doa Yang Harus Dibaca Setelah Akad Nikah

Doa Setelah Akad Nikah – Sebagai agama yang sempurna tentunya setiap hal yang dikerjakan harus diawali dan diakhiri dengan doa, begitu juga bagi yang melaksanakan pernikahan. Dalam sebuah akad nikah doa merupakan hal yang harus ada dalam susunan acara karena setiap orang pasti menginginkan pernikahan yang berakhir baik. Ada doa-doa yang sering dibaca pada setiap acara akad nikah atau pernikahan. Pada artikel sebelumnya carapdkt.net sudah membahas tentang Syarat melaksanakan nikah di KUA, maka untuk melengkapi artikel tersebut tidak ada salahnya kali ini kita membahas topik bahasan yang sama yaitu mengenai akad nikah.

Doa Setelah Akad Nikah dan Ijab Kabul

Doa Setelah Akad Nikah

Dalam Islam, ada beberapa tujuan yang bisa dicapai dan dirasakan manfaatnya. Berikut tujuan pernikahan dalam Islam, di antaranya adalah :

  1. Sebagai ibadah dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.
    Di dalam pernikahan itu penuh dengan ibadah apabila dilakukan dengan tulus dan ikhlas karena Allah dan sesuai syariatnya. Ibnu Abbas ra berkata : “Menikahlah karena sesungguhnya satu hari dalam pernikahan lebih baik dari ibadah seribu tahun.”
  2. Untuk menyempurnakan separuh agama
    Rasulullah SAW bersabda : “Jika seseorang menikah berarti dia telah menyempurnakan separuh agamanya. Maka bertakwalah pada paruh yang lain.”
  3. Untuk menjalankan sunah Rasul
    Sesungguhnya Rasul telah memberikan teladan, contoh dan anjuran pada umatnya untuk mengikuti sunah – sunahnya. Menikah adalah salah satu yang harus kita perhatikan, karena di dalam sebuah pernikahan terdapat banyak kenikmatan dan ibadah.
    Ijab kabul pernikahan memiliki arti penting tersendiri. Berdasarkan hadist shahih yang diriwayatkan oleh Muslim berbunyi “Sangat berat pengorbanan seorang suami terhadapmu karena saat mengucapkan ijab kabul Arsynya berguncang akibat beratnya perjanjian yang telah dibuat olehnya di hadapan Allah SWT dengan disaksikan pula oleh para malaikat dan manusia. Sedangkan jika para istri menghisap darah dan nanah dari hidung suaminya, maka itu belum cukup untuk menebus semua pengorbanan suami terhadapmu.”
    Hadist shahih tersebut menjelaskan bahwa seorang mempelai istri harus patuh dan berusaha menjadi istri yang shalehah bagi sang suami, karena setelah pengucapan ijab kabul, maka Anda sudah menjadi pasangan suami istri yang sah.
BACA JUGA :  Doa setelah akad nikah dan artinya

Tata Cara Ijab Kabul

pernikahan

Anda juga perlu mengetahui bacaan yang benar dalam membaca ijab kabul, juga syarat sahnya sebuah ijab kabul. Adapun tata cara pengucapan ijab kabul yang baik dan benar, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Sebelum mengucapkan ijab kabul, sebaiknya membaca bismillah
    b. Beristighfar sebanyak tiga kali agar tidak panik dan tetap rileks
    Untuk syarat ijab dan kabul dibagi menjadi dua, yaitu :
  2. Syarat ijab
    – Pernikahan tersebut hendaklah tepat
    – Tidak boleh menggunakan kalimat sindiran
    – Diucapkan oleh wali atau pun wakilnya
    – Tidak diikatkan dengan tempo waktu seperti nikah mut ‘ah ( nikah kontrak )
    – Tidak secara taklik (tanpa sebab pra syarat ketika ijab dilafadzkan )
  3. Syarat kabul
    – Ucapan harus sesuai dengan ucapan ijab
    – Tidak boleh menggunakan kalimat sindiran
    – Dilafadzkan oleh calon mempelai suami atau pun wakilnya ( atas sebab tertentu )
    – Tidak diikatkan dengan tempo waktu seperti nikah mut ‘ah ( nikah kontrak )
    – Menyebut nama calon mempelai istri
    – Tidak diselangi dengan perkataan lain

Doa Akad Nikah Bahasa Indonesia

ijab kabul

Jangan lupa untuk membaca basmalah terlebih dulu dan beristighfar sebanyak tiga kali agar hati tenang dan bebas dari gangguan jin dan syaitan. Pelafalan doa / bacaan ijab kabul ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, tapi ketika mempraktekkannya terkadang kita grogi dan tidak lancar. Untuk itu perlu latihan jauh – jauh hari sebelum pernikahan.

BACA JUGA :  Hukum Nikah dalam Islam Yang Menarik

Berikut adalah doa / bacaan ijab kabul dalam bahasa Indonesia yaitu :
Ijab :
Aku nikahkan engkau … ( nama calon mempelai pria ) dengan ananda … ( nama calon mempelai wanita ) dengan mas kawin … ( mahar ) dibayar … ( tunai / hutang )
Kabul :
Saya terima nikah dan kawinnya … ( nama calon mempelai wanita ) dengan mas kawin tersebut dibayar … ( tunai / hutang ).

Doa Setelah Sah Ijab Kabul

Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani dalam kitabnya yang berjudul Adaab az-Zifaal fis-Sunnah al-Muthharah bab wadh’ul yadi ‘ala ra’si az-zawjati wa ad du’aa-u lahaa menjelaskan, Dianjurkan bagi seorang suami untuk meletakkan tangannya di ubun – ubun istrinya saat akan menggaulinya atau sebelum melakukan hal itu seraya menyebut nama Allah dan memohon keberkahan kepada-Nya serta berdoa sebagaimana yang disebutkan Rasulullah SAW dalam sabdanya : “Apabila salah seorang dari kalian menikahi wanita atau membeli seorang budak maka peganglah ubun – ubunnya seraya menyebut nama Allah SWT dan mohonlah keberkahan serta berdoalah :

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebaikannya dan kebaikan apa yang Engkau ciptakan pada dirinya. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan apa yang Engkau ciptakan pada dirinya.

Setidaknya informasi kali ini berguna bagi kalian yang memang ingin melangsungkan pernikahan dengan si pujaan hati, pernikahan merupakan hal yang sakral jadi tidak ada salahnya untuk mempersiapkan semuanya secara matang agar tidak ada kendala di kemudian hari. Demikian artikel kali ini yang bisa kami bagi untuk sobat tentang doa setelah akad nikah berbahasa Indonesia.

Incoming search terms:

  • doa setelah akad nikah
  • doa untuk pengantin setelah ijab qobul
  • doa yang di baca calon suami saat akad nikah
  • kata doa setelah ijab sah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.