Corona Datang Jangan Jadi Penghalang, Daftar Nikah Online Aja

  • Whatsapp
daftar nikah online.jpg

Carapdkt.net – Selalu ada kemudahan dibalik kesulitan adalah istilah yang tepat bagi calon pengantin yang tengah kebingungan akibat terbentur situasi tanggap darurat pandemi covid-19 ini karena adanya maklumat pemerintah yang melarang orang untuk berkumpul tidak terkecuali dalam pesta pernikahan yang dapat mematik penyebaran wabah virus tersebut. Lantas apakah saat ini masih bisa melangsungkan pernikahan? Yap, pasti bisa tetapi daftar nikah online terlebih dahulu.

Kata siapa pelayanan KUA tutup karena ada corona? stop membaca berita atau mendengar kabar yang belum tentu kebenarannya, buktinya saat ini KUA masih bisa melayani walau dengan format yang sedikit berbeda dari biasanya karena menyesuaikan dengan keadaan tetapi tanpa mengabaikan syariat Agama karena Insya Allah mereka yang bekerja di KUA adalah orang-orang pilihan yang mengerti tata cara mempersatukan dua insan dengan ikatan pernikahan yang sah berdasarkan Agama dan Hukum.

Bacaan Lainnya

daftar nikah online di masa tanggap darurat covid-19.jpg
Ilustrasi daftar nikah online ditengah wabah covid-19

Menikah di masa tanggap darurat covid-19 ini justru malah bisa menghemat budget mengingat prosesinya yang begitu simple dan ekonomis karena tidak perlu menggelar pesta yang meriah melainkan cukup menghadirkan orang-orang yang wajib hadir saja ketika akad pernikahan berlangsung mungkin dengan konsep yang sedikit tidak biasa. Sebenarnya dari dulu juga menikah tidak mahal, hanya saja saat ini semua orang wajib menikah secara sederhana dan tidak boleh ada pesta yang dapat mengundang kerumunan banyak orang.

Baca: Syarat Nikah di KUA Yang Harus Dipersiapkan Oleh Pengantin

Saya Ingin Daftar Nikah Online, Bagaimana Caranya?

Nah, jadi bagi yang sudah kebelet ingin Nikah, daripada ditahan-tahan mending cepetan diurus sekarang yang penting kalian bisa Sah dulu menjadi suami istri apalagi yang budget-nya pas-pasan maka ini adalah momen yang tepat buat kalian melangsungkan akad nikah tanpa ada pesta yang cukup menguras biaya, kalaupun kalian ada dana maka bisa dialokasikan untuk keperluan yang lebih bermanfaat lagi setelah menikah nanti.

Pelayanan KUA tidak tutup meski dalam masa tanggap covid-19 tapi tetap dilayani dengan konsep online supaya pencatatan pernikahan tidak terkendala sehingga calon pengantin (catin) tidak perlu cemas karena masih bisa mendaftarkan rencana pernikahannya secara online di halaman website kemenag yaitu http://simkah.kemenag.go.id/ apabila semua persyaratan administrasinya sudah disiapkan baru bisa melakukan registrasi.

Bagi catin yang masih mempersiapkan persyaratan administrasi harap lebih teliti, pastikan tidak ada yang tertinggal. Detail persyaratan administrasi bisa dilihat pada halaman ini: http://simkah.kemenag.go.id/infoPendaftaran. Nah jadi daftar nikah masih bisa dilakukan secara online supaya prosesi pernikahanmu tidak terkendala soal waktu, tidak pesta juga nggak masalah biar hemat biaya jika kedua mempelai sudah siap kenapa mesti diitunda-tunda. Gasss aja!

Baca: Nikah Siri Secara Online

Daftar Nikahnya Online Apakah Akad Nikahnya Juga Online?

Untuk teknis akad nikahnya saya sendiri belum mendapat referensi yang relevan meski sempat beredar di dunia maya video pernikahan secara online menggunakan video call bahkan sempat diberitakan di televisi swasta, mungkin hal tersebut bisa saja dilakukan jika dalam kondisi darurat atau tidak dapat lagi dihindari sehingga terpaksa dilakukan dengan berbagai macam pertimbangan.

Bahkan Menurut pendapat para ulama bahwa nikah secara online itu diperbolehkan karena zaman sekarang berbeda dengan zaman dahulu yang hanya bisa berkomunikasi lewat surat tentunya itu tidak memungkinkan untuk melakukan komunikasi jarak jauh yang tidak terputus sehingga akad nikah tidak dapat dilakukan, tetapi sekarang sudah canggih komunikasi jarak jauh bisa dilakukan tanpa terputus dengan menggunakan video call sehingga hal itulah yang menjadi dasar para ulama memperbolehkan pernikahan jarak jauh tentunya dengan dilandasi hadits yang sahih, Wallahu A’lam Bishawab.

Terlepas dari semua itu, persiapkanlah pernikahan dengan sebaik-baiknya persiapan dan jangan menunda pernikahan karena ada rasa gengsi tidak melangsungkan pesta yang meriah atau alasan lainnya yang tidak perlu dilakukan di masa tanggap darurat covid-19 ini, yang terpenting adalah anda dan pasangan anda bisa dipersatukan dengan ikatan yang sah berdasarkan Agama dan bisa menjalin kehidupan yang lebih baik lagi.

RELATED POSTS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

76 − 73 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.