Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alami dan Cepat Untuk Remaja

Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alami dan Cepat – Untuk menghilangkan bau badan biasanya deodoran memegang perananannya dari luar, tapi alangkah baiknya jika juga didukung dengan perawatan alami agar baunya benar-benar hilang permanen. Masalah bau badan (bromihidrosis) memang sulit dihindari dari kehidupan, terutama mereka yang aktif dan memiliki berbagai aktifitas harian. Bau asam di badan terjadi akibat adanya perkembangbiakan bakteri pada lapisan pori-pori kulit, terutama di daerah ketiak. Biasanya, hal ini terjadi pada masa pubertas karena meningkatnya hormon yang disebut androgen, gag lucu kan saat mau pdkt tapi gagal karena bau badan. Untuk menghilangkan bau badan tak sedap atau menyengat Anda bisa menggunakan cara-cara mudah dan alami berikut untuk ini.

Tips dan Cara Mengatasi Bau Badan

cara mengatasi bau badan

Masalah bau badan biasanya dialami oleh para pria / wanita remaja yang beranjak dewasa atau masa puber yang disebabkan oleh perubahan hormon yang ada dalam tubuh, ditambah lagi pada masa itu adalah masa aktif untuk remaja yang mengakibatkan produksi keringat berlebih pada daerah – daerah tertentu seperti ketiak. Seperti yang sudah dijelaskan diatas cara paling mudah dan efektif adalah menggunakan deodoran, namun hal tersebut tidak bisa menuntaskan masalah bau badan secara permanen, belum lagi bagi yang mempunyai kulit sensitif yang menyebabkan alergi atau iritasi pada bagian ketiak. Pada kesempatan ini carapdkt.net akan memberikan tips dan cara mengatasi bau badan secara alami dan relatif cepat terutama untuk para remaja. (Baca juga cara menghilangkan bau mulut)

  1. Menjaga kebersihan tubuh

Menjaga kebersihan tubuh bisa dilakukan dengan mandi minimal 2 kali sehari. Mandi dengan menggunakan sabun akan membersihkan kulit dari keringat berlebih serta membunuh bakteri penyebab bau badan. Anda dapat melakukannya saat pagi hari sebelum beraktifitas dan sore hari sesudah beraktifitas. Dengan rutin membersihkan badan secara menyeluruh, terutama pada bagian yang mudah berkeringat dapat mengurangi bau badan yang dialami.

  1. Daun Sirih

Sudah bukan rahasia lagi kalau daun sirih itu efektif menghilangkan bau badan secara alami. Daun sirih sudah sejak lama dikenal sebagai antibakterial dan antiseptik sehingga dapat membunuh bakteri kuman dan jamur penyebab bau badan.

BACA JUGA :  Beberapa Mitos yang Salah Mengenai Jerawat

Caranya:

  • Ambil 7-10 lembar daun sirih, lalu rebus dengan 2 gelas air.
  • Campurkan pada baik air yang Anda gunakan untuk mandi. Lalu mandilah dengan air tersebut

Khusus menghilangkan bau ketiak, Anda bisa memanfaatkan 5 lembar daun sirih dengan menghaluskannya terlebih dahulu lalu mengoleskannya pada ketiak. Pijat lembut dan diamkan selamma 5 menit kemudian bilas bersih dengan air hangat.

  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis (citrus aurantifola) sangat akrab dengan ibu-ibu rumah tangga, biasanya digunakan untuk bumbu penambah rasa asam dalam masakan atau mentralisir amis pada beberapa bahan makanan.

Kandungan hebat dalam jeruk nipis yaitu kaya akan vitamin C, asam sitrat, kalium, kalsium, besi, tembaga, flavonoid, macronutrients, serat dan kalori

Nah, dibakik rasanya yang super asam ini, banyak sekali manfaatnya jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan. Bisa digunakan mengobati batuk, menghilangkan jerawat, serta mengatasi bau badan tak sedap.

Caranya:

  • Belah jeruk nipis ukuran sedang menjadi 2 bagian.
  • Oleskan pada ketiak Anda, layaknya sedang memakai deodoran.

Lakukan perawatan ini secara rutin, maka bau badan pelahan menghilang.

  1. Daun Kemangi

Sering ditemui sebagai lalapan, faktanya daun kemangi juga bagus digunakan untuk menghilangkan atau mencegah bau badan tak sedap. Daun kemangi bersifat antiseptik, kandungan minyak aksirin di dalamnya akan mengusir bau badan tersebut.

Caranya: Konsumsi atau makan langsung sebagai lalapan, cukup segenggam saja yaitu pada pagi dan sore. Untuk yang kurang menyukainnya sebagai lalapan. Bisa juga mengolahnya sebagai teh.

Caranya:

  • Jemur daun kemangi hingga kering.
  • Tubuk halus, lalu seduh dengan air panas.
  • Saring, kemudian minum 2 kali sehari secara rutin.
  1. Daun Beluntas

Daun beluntas sering tumbuh di kawasan yang dekat dengan pantai. Tanaman liar ini dapat mudah tumbuh meski tidak dirawat atau dibudidayakan. Daun belantas merupakan bahan yang banyak memiliki manfaat dan salah satunya untuk menghilangkan bau ketiak dan badan. Karena dalam daun beluntas terdapat banyak senyawa minyak atsiri, falovonoid, alkaloid, vitammin A, vitamin C, asam amino, tanin, natrium, lemak, magnesium, kalsium dan fosfor.

BACA JUGA :  Bahaya Dehidrasi Pada Kulit Yang Harus Diketahui

Caranya:

  • Rebus beberapa helai daun beluntas hingga matang.
  • Minum air rebusannya secara rutin 2 kali sehari.
  1. Temulawak

Berbagai masalah kesehatan bisa diatasi dengan tanaman herbal satu ini. Temulawak dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit karena kandungan di dalamnya. Flavoinoida, sapomin, minyak atsiri, Kalium, magnesiumm, Zat Besi, Kadium, dan banyak lagi. Temulawak efektif menghilangkan bau badan yang mengganggu.

Caranya:

  • Parut temulawak sampai halus.
  • Tambahkan sedikit demi sedikit air sambil diperas.
  • Tambahkan 1 sdt madu asli.
  • Minum air perasan temulawak tersebut.

Cara lainnya bisa juga langsung mengoleskan parutan temulawak tanpa campuran madu ke ketiak. Lakukan cara ini dengan konsisten untuk hasil maksimal.

  1. Cengkeh

Membahas tanaman atau tumbuhan yang mengandung antibakterial, cengkeh juga satu di antara bahan tradisional yang mengandung senyawa tersebut. Tak hanya itu, cengkeh juga mengandung senyawa anti-inflamasi untuk mencegah peradangan juga bisa sebagai deodoran alami.

Caranya:

  • Rendam cengkih dengan air hangat sampai mengembang.
  • Minum rendaman cengkeh tersebut secara rutin minmal 2 kali seminggu.
  • Untuk hasil yang lebih cepat, Anda juga bisa membasuh tubuh atau mengoleskan air rendaman tersebut pada area ketiak. Diamkan beberapa mmenit lalu berisihkan sambil mandi.
  1. Timun

Mentimun, ketimun atau timun merupakan sayuran yang biasanya tersedia dalam kulkas baik untuk kebutuhan memasak, nge-rujak atau juga perwatan kecantikan. Sayur satu ini identik dengan kandungan airnya yang cukup tinggi dan jika dikounsusi atau digunakan untuk masker wajah akan menjadi sumber pelmbab alami kulit. Sedangkan untuk bau badan, kandungan antibakterial pada timun akan menekan perkembanganbiakan bakteri penyebab bau badan yang menjengkelkan tersebut.

Caranya:

  • Potong atau iris buah mentimun segar menjadi beberapa bagian.
  • Gosokkan irisan timun secara lembut ke ketiak sehabis mandi.

Cara tersebut juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit ketiak lho girls.

Bau badan akan menimbulkan ketidaknyamanan untuk orang yang bertemu dengan Anda. jadi jangan sampai hal ini terjadi yah. Cara mengatasi bau badan secara alami di atas bisa Anda pilih salah satunya dan lakukan secara teratur dan rutin.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.