Cara Menentukan Jenis Kulit Yang Anda Miliki

Kecantikan – Sebagian besar wanita bermimpi memiliki kulit yang sempurna. Itu sebabnya mereka menginvestasikan banyak waktu dan uang dalam produk perawatan kulit. Namun, Anda harus berhati-hati dalam memilih produk yang tepat untuk jenis kulit Anda. Jika tidak, mereka akan mengiritasi kulit Anda. Ada banyak produk di pasaran yang dirancang khusus untuk setiap jenis kulit. Anda mungkin telah melihat kata-kata “untuk kulit berminyak” atau “untuk kulit sensitif” ketika melewati toko kosmetik. Namun, bagaimana Anda tahu kulit seperti apa? Artikel berikut akan membantu Anda menjawab pertanyaan ini.

Faktor apa yang menentukan jenis kulit Anda?

Cara menentukan jenis kulit yang Anda miliki

Orang bergantung pada lima faktor berikut untuk mengklasifikasikan kulit:

  • Kelembaban: Kelembaban menunjukkan retensi kelembaban kulit Anda. Misalnya, ketika melihat kulit kering, Anda akan melihat kulit rentan terhadap tekstur mengelupas, kusam dan miskin.
  • Minyak pada kulit: Berapa banyak minyak yang dihasilkan kulit Anda tergantung pada hormon dalam tubuh Anda. Semakin banyak minyak yang Anda miliki, semakin halus wajah Anda.
  • Sensitivitas: 40% populasi dunia memiliki kulit sensitif. Jenis kulit ini sangat responsif terhadap stimulan. Jarang, kulit memerah, berkerut atau berjerawat tetapi tidak menyerap nutrisi dari produk perawatan kulit.
  • Pigmentasi: Pigmentasi adalah faktor yang mempengaruhi setiap titik di leher dan dada Anda, seperti bintik-bintik atau bintik-bintik. Mereka sering membuat kita terlihat lebih tua dan membuat kita merasa kasihan kepada mereka.
  • Umur: Seiring waktu, tubuh Anda tidak menghasilkan cukup kolagen seperti sebelumnya. Itulah mengapa orang muda cenderung memiliki warna kulit yang lebih intens daripada orang yang lebih tua. Ini adalah proses penuaan alami pada kulit.

Apa saja jenis kulit yang umum dimiliki?

Berdasarkan faktor-faktor ini, kita dapat membagi kulit menjadi banyak kategori. Namun, biasanya kulit dibagi menjadi enam jenis berikut: normal, kering, berminyak, kombinasi, sensitif, dan kulit dewasa.

  • Kulit normal

Secara umum, kulit kurang rentan terhadap masalah kulit dibandingkan jenis kulit lainnya. Jenis kulit ini memiliki pori-pori kecil dan tidak sensitif terhadap produk perawatan kulit. Orang yang memiliki jenis kulit ini biasanya memiliki kulit yang bercahaya.

  • Kulit kering
BACA JUGA :  Cara Melindungi dan Merawat Kulit Yang Terbaik

Kulit kering adalah kulit pucat dengan banyak keriput dan elastisitas yang buruk. Kulit kering mudah retak, mengelupas dan rentan terhadap ruam.

  • Kulit berminyak

Kulit berminyak adalah kulit tebal dengan pori-pori besar dan penampilan berminyak. Kulit ini mudah berjerawat.

  • Kulit kombinasi

Kulit campuran adalah kulit kering di beberapa area sementara beberapa area re-oil. Kulit atau minyak adalah area T (hidung, dahi dan dagu). Kulit ini membutuhkan perawatan khusus.

  • Kulit sensitif

Kulit sensitif mudah teriritasi oleh produk perawatan kulit, makanan atau lingkungan. Anda akan merasa kesal, gatal atau terbakar ketika terkena hal di atas.

  • Kulit dewasa

Kulit dewasa, juga disebut kulit penuaan, kering dan tampak hitam. Keriput paling terlihat pada kulit dewasa.

Bagaimana cara meminimalkan masalah kulit?

Setiap jenis kulit memiliki masalah tersendiri. Mengenal jenis kulit Anda sangat penting. Ini memutuskan bagaimana Anda merawat kulit serta produk yang harus Anda pilih untuk mencegah masalah kulit. Ini adalah langkah pertama dalam proses kecantikan kulit Anda. Berikut beberapa cara untuk mencegah masalah kulit.

Keterbatasan meningkatkan pigmentasi kulit

Cara terbaik untuk menghindari masalah terkait pigmen adalah menghindari paparan sinar matahari. Sinar UV menyebabkan kulit terbakar dan menghasilkan pigmen melanin di kulit Anda. Selain menggunakan produk tabir surya, Anda juga dapat menggunakan metode perawatan kulit alami seperti madu atau masker buah untuk merawat kulit Anda.

Mencegah kerutan

Keriput juga merupakan hasil paparan sinar matahari. Namun, ada banyak alasan lain mengapa kerutan muncul di kulit Anda. Kerutan terbentuk di lapisan atas kulit tetapi penyebab perubahan ini terletak pada lapisan bagian dalam. Seiring bertambahnya usia Anda, kulit Anda kehilangan kolagen dan elastin, membuat kulit Anda kusam dan kendur. Karena itu, untuk mencegah kerutan, Anda harus mencegah kekurangan dan kehilangan kolagen serta elastin. Sayangnya, Anda tidak bisa begitu saja mengkompensasi hilangnya kolagen karena banyak produk perawatan kulit beriklan. Anda hanya dapat menstimulasi kulit regeneratif kolagen dengan menggunakan produk topikal yang mengandung retinoid, vitamin C dan peptida tembaga.

BACA JUGA :  Bahaya Dehidrasi Pada Kulit Yang Harus Diketahui

Kontrol jumlah minyak

Orang yang memiliki kulit berminyak sering memiliki pori-pori besar, yang memudahkan bakteri dan kotoran untuk menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Jika kulit Anda berminyak, Anda harus menjauh dari produk minyak. Sebaliknya, gunakan pembersih ringan. Anda harus mencuci muka setidaknya dua kali sehari, terutama ketika kembali dari hari yang panjang di luar.

Hidup dengan kulit kering

Kulit kering adalah kulit yang sering pecah-pecah, terkelupas dan gatal. Jika kulit Anda terlalu kering, kulit akan menjadi kasar dan bersisik. Kulit kering harus diperkuat dengan uap air dari berbagai sumber. Minum air yang cukup, menggunakan pelembab secara teratur dan menyeimbangkan kelembapan di dalam ruangan akan membantu mencegah dehidrasi. Menggunakan air hangat sebagai pengganti air panas untuk mandi dan waktu mandi yang terbatas (Anda hanya bisa mandi hingga 10 menit) juga merupakan cara bagi Anda untuk tidak secara tidak sengaja membasuh semua minyak pada kulit.

Perawatan untuk kulit sensitif

Merawat kulit sensitif selalu lebih sulit daripada merawat kulit yang lembam, terutama memilih produk perawatan kulit. Kunci untuk merawat kulit sensitif adalah menghindari iritasi dan memberikan produk perawatan kulit yang meminimalkan kemerahan. Beberapa produk ringan yang harus Anda gunakan untuk kulit sensitif adalah lidah buaya, teh hijau, mentimun dan ganggang merah. Satu hal yang perlu diingat adalah Anda tidak boleh memutih dan menghindari paparan sinar matahari untuk menghindari sengatan matahari.

Mengetahui apa jenis kulit Anda akan membantu menjaga kulit Anda tetap sehat. Jadi jika Anda masih bingung tentang bagaimana jenis kulit dan produk perawatan kulit mempengaruhi kulit Anda, konsultasikan dengan dokter kulit Anda untuk saran terbaik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.