Cara Meminimalkan Proses Penuaan Kulit

Meminimalisir Proses Penuaan Kulit – Kita semua harus mengakui bahwa penuaan adalah proses alami kehidupan. Tentu saja, wanita adalah yang paling dirugikan karena tidak ada wanita yang ingin penuaan terjadi pada tubuhnya. Seperti organ tubuh lainnya, struktur internal kulit menurun seiring bertambahnya usia. Kulit kering, keriput, kaki gagak, pori-pori membesar dan bintik-bintik usia sering tanda-tanda penuaan pada kulit. Pelajari lebih lanjut tentang perubahan struktur kulit yang menua yang dapat membantu Anda mengetahui cara menunda dan meminimalkan proses penuaan. carapdkt.net

Cara meminimalkan proses penuaan kulit

Cara meminimalkan proses penuaan kulit

Kulit manusia pasti akan mengalami namanya penuaan, faktor usia pada zaman sekarang bukan lagi menjadi penentu utama kulit seseorang sehat atau tidak, contohnya saja banyak diantara kita yang masih usia 20 tahun kulitnya sudah terlihat keriput. Hal tersebut dikarenakan pola hidup yang tidak sehat ditambah lagi dengan polusi udara yang membuat kulit seseorang menjadi tidak sehat. Berikut salah satu penyebab penuaan dini pada kulit.

Penurunan kolagen

Seiring waktu, kulit secara bertahap kehilangan elastisitas, struktur, dan kekuatannya. Protein struktural yang disebut kolagen, ditemukan di lapisan tengah kulit (dermis), memberikan bingkai yang mendukung dan meningkatkan kekuatan kulit. Seiring dengan bertambahnya usia, tubuh mengurangi produksi kolagen dan serat kolagen runtuh pada tingkat yang lebih cepat daripada saat Anda lebih muda. Ini menyebabkan penurunan kadar kolagen total pada dermis. Daerah yang kurang didukung mulai terdistorsi dan keriput mulai terbentuk.

BACA JUGA :  Cara Memiliki Kulit Halus Yang Sempurna

Keriput

Tanda penuaan yang paling penting adalah kerutan. Keriput biasanya muncul seiring bertambahnya usia, tetapi Anda mungkin juga memperhatikan penampilan mereka setelah merendam bagian tubuh tertentu di dalam air untuk waktu yang lama. Anda dapat dengan mudah melihat kerutan di dahi, sudut luar mata dan garis-garis vertikal di kedua sisi mulut.

Tipe lain dari keriput adalah kerutan yang terjadi terutama di area wajah wajah (seperti mata, mulut, bibir atas). Sinar matahari, merokok, dehidrasi, obat-obatan tertentu, lingkungan dan faktor genetik akan mempengaruhi waktu dan lokasi perkembangan keriput.

Perubahan pada kulit

Kulit kasar dan kasar adalah tanda penuaan kulit. Kulit Anda sehat, muda, halus dan berseri-seri berkat sel-sel muda yang didorong ke permukaan kulit sementara sel yang lebih tua akan terus terkelupas. Seiring dengan bertambahnya usia, jumlah regenerasi sel menurun secara dramatis, membuat sel-sel lebih lengket dan tidak mengelupas. Sebagai konsekuensi mengurangi regenerasi sel, kulit Anda menjadi tipis dan rentan terhadap lingkungan, terutama efek sinar ultraviolet dari matahari. Akhirnya, penampilan kulit menjadi kasar dan tekstur kulit menjadi kasar.

BACA JUGA :  Cara Mencerahkan Kulit Menggunakan Bahan Alami

Dehidrasi

Bukan hanya karena penuaan, kulit Anda lemah karena dehidrasi. Ketika Anda muda, kulit Anda mungkin masih kering karena dehidrasi. Ini mungkin karena perlindungan kulit yang tidak beralasan, diet yang buruk, penuaan kulit seperti paparan sinar matahari yang berkepanjangan, merokok atau diet tidak sehat.

Namun, perubahan fisik yang berkaitan dengan proses penuaan adalah penyebab utama bagi orang tua yang berisiko tinggi mengalami dehidrasi. Ketika Anda semakin tua, tubuh Anda kehilangan air karena hilangnya massa otot dan peningkatan sel-sel lemak. Untungnya, dengan menggunakan pelembab, minum banyak air dan secara teratur menggunakan exfoliant berbasis asam laktat, Anda benar-benar dapat memecahkan masalah ini.

Meskipun kita tidak dapat melakukan apapun untuk memerangi proses penuaan, tetapi para ilmuwan terus-menerus mencari solusi terhadap masalah-masalah keriput, perubahan warna kulit, mengurangi kolagen, dehidrasi dan reaksi biokimia lainnya memicu perubahan struktural ini. Diet seimbang, rutinitas perawatan kulit yang baik dan olahraga teratur adalah kunci untuk membantu Anda tetap awet muda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.