Cara Melindungi dan Merawat Kulit Yang Terbaik

Cara Perawatan Kulit – Kulit kita adalah organ terbesar yang menutupi hampir seluruh tubuh. Melihat kulit Anda, orang dapat dengan mudah menebak apakah Anda benar-benar sehat atau benar-benar bahagia. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kulit dan penampilannya. Artikel berikut akan membantu Anda memahami apa yang menentukan kesehatan kulit dan bagaimana melindungi kulit Anda.

Cara melindungi dan merawat kulit yang terbaik

cara melindungi dan merawat kulit

Sebelum kita lanjut ke pokok bahasan yakni cara merawat kulit dan cara melindungi kulit ada baiknya kita mengetahui dahulu karakteristik dari kulit tubuh khususnya wajah kita, karena setiap orang mempunyai karakter kulit yang berbeda-beda dan penanganan yang berbeda dalam melakukan perawatan kulit. Contohnya saja untuk mengobati jerawat pada kulit berminyak berbeda dengan kulit kering. Dibawah ini merupakan faktor yang biasanya mempengaruhi kesehatan pada tiap kulit manusia.

Faktor internal

Keturunan – penentu kecepatan penuaan

Gen memainkan peran utama dalam penuaan kulit karena gen adalah bahan utama dalam apakah sel-sel kulit baru diregenerasi. Selain itu, gen mengontrol jaringan ikat, menyebabkan kelenjar sebaceous dan kelenjar keringat menjadi kurang aktif seiring bertambahnya usia Anda. Itulah mengapa kulit Anda kehilangan kekenyalan dan elastisitas.

Hormon

Ketika Anda mencapai usia tertentu, sistem hormonal dalam tubuh Anda kehilangan keseimbangannya, menyebabkan efek yang signifikan pada kulit, termasuk:

  • Merangsang pembentukan jerawat saat pubertas;
  • Meningkatkan produksi melanin dan hiperpigmentasi seperti kehamilan selama kehamilan.

Nutrisi

Tentunya apa yang Anda makan dan minum akan berdampak besar pada kulit Anda. Jumlah air yang Anda minum setiap hari sangat memengaruhi kulit. Ini adalah kunci apakah kulit Anda cukup lembab atau berjerawat. Selain itu, pola makan yang buruk dapat menyebabkan Anda menurunkan berat badan dan meningkatkan risiko infeksi. Sebaliknya, mempertahankan pola makan yang bergizi dan minum air yang cukup akan membantu Anda untuk meningkatkan dan mempertahankan kulit yang sehat.

BACA JUGA :  Cara Menghilangkan Keriput Dengan Pengobatan Alami

Gaya hidup

Gaya hidup Anda memainkan peran yang sangat penting dalam melindungi kulit Anda. Berikut beberapa hal yang harus Anda terapkan untuk memiliki gaya hidup sehat dan sehat:

  • Manajemen stres: Stres yang tidak terkontrol akan membuat kulit lebih sensitif dan lebih rentan terhadap jerawat. Anda dapat mengelola stres dengan mengurangi beban kerja, menghabiskan waktu untuk kegiatan rekreasi dan bersantai;
  • Latihan: Olahraga teratur akan membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan oksigenasi pada kulit;
  • Cukup tidur: Kulit Anda adalah saluran yang mencerminkan kualitas tidur Anda dengan sangat jelas. Tidur yang berkualitas membantu “meregenerasi” seluruh tubuh dan berkontribusi pada pembaharuan kulit;
  • Merokok: Merokok menyebabkan degradasi kolagen dan mengurangi produksi kolagen, sehingga penuaan dini pada kulit dan menurunkan elastisitas alami.

Faktor eksternal

Polusi udara

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda tidak dapat menghindari kontak dengan bahan kimia dan kotoran yang ada di lingkungan sekitarnya. Mereka akan menyumbat pori-pori Anda dan meningkatkan risiko jerawat. Polusi kimia di udara juga menghambat sistem pertahanan alami kulit. Penelitian menunjukkan bahwa polusi nyata menyebabkan reaksi yang menghambat perbaikan dan regenerasi kulit. Jadi, ingatlah untuk mencuci muka dua kali sehari khususnya para remaja yang kondisi hormonnya sedang meningkat dan aktifitas yang tinggi.

Paparan sinar matahari

Sinar matahari baik untuk tubuh Anda, tetapi terlalu banyak paparan sinar matahari akan berbahaya. Sinar matahari dikenal sebagai penyebab utama penuaan kulit. Sinar UV memecah struktur suportif yang menghasilkan kolagen dan elastin di kulit. Karena itu, orang yang terpapar matahari sering memiliki kerutan yang lebih dalam dari orang normal. Selain itu, tekstur kulit lebih tebal, lebih tebal dan lebih kering, dan pembuluh darah sering menonjol dan berwarna tidak merata. Karena itu, selalu ingat untuk menggunakan tabir surya atau aksesori tabir surya untuk melindungi kulit Anda.

BACA JUGA :  Manfaat Gula Merah untuk Kecantikan, Wanita Wajib Tahu!

Iklim

Jika Anda tinggal di tempat dingin atau dalam kondisi dingin, kulit Anda akan bereaksi dengan menyempitkan pembuluh darah untuk melindungi tubuh dari kehilangan panas yang berlebihan. Suhu dingin akan menyebabkan tubuh kehilangan kelenjar sebasea berlebih, yang mengakibatkan kekeringan. Dalam cuaca panas dan lembab, kelenjar keringat Anda menghasilkan lebih banyak keringat, yang membuat kulit lebih lembut dan lebih cenderung mengarah ke jerawat.

Biasanya, kebanyakan dari kita dapat dengan mudah mengidentifikasi jenis kulit yang tepat tetapi tidak semua orang dapat menentukan kondisi kulit yang benar. Kulit, terutama kulit wajah, adalah bagian dari kontak teratur dengan lingkungan eksternal dan secara signifikan dipengaruhi oleh faktor internal seperti kesehatan dan gaya hidup Anda. Karena itu, mengetahui faktor-faktor yang membentuk kondisi kulit akan membantu Anda untuk melindungi kulit Anda.

Dari pembahasan diatas sobat pasti sudah mempunyai bayangan bagaimana cara merawat kulit dan cara melindungi kulit yang memang sesuai dengan jenis kulit sobat. Semoga artikel kali ini dapat bermafaat bagi kita semua ya khususnya para wanita yang mendambakan atau menginginkan kulit putih bersih dan terawat serta sehat tentunya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.