Cara Kawin Siri dan Bagaimana Pandangan Islam Tentang Pernikahan Siri

Halo sobat setia carapdkt.net, kali ini carapdkt.net akan membahas dan berbagi informasi menarik, lengkap dan tentunya sangat penting bagi kalian yang mempunyai cukup umur untuk beralih ke hubungan yang lebih serius, pada kesempatan kali ini tema yang dibahas adalah cara kawin siri serta bagaimana sih nikah siri dalam pandangan agama islam. Tentu pembahasan kali ini akan sangat menarik pasalnya masih banyak yang belum mengetahui secara lengkap tentang cara melakukan kawin siri, berbeda dengan pernikahan yang umum, tentu nikah siri ada persayaratan khusus yang harus di siapkan oleh mempelai.

Cara Melakukan Kawin Siri dan Bagaimana Pandangan Islam Tentang Nikah Siri

cara kawin siri

Sebelum kita memasuki inti dari pembahasan kali ini ada baiknya kalian membaca tentang artikel sebelumnya yang tidak kalah menarik tentang nikah siri online yang mungkin sangat jarang terjadi. informasi yang akan sobat baca pada kesempatan ini merupakan rangkuman dari berbagai situs yang dapat dipercaya yang ada diinternet. Selamat membaca ya sob.

Cara Kawin Siri

Kawin siri adalah suatu pernikahan yang dilakukan oleh kedua mempelai wanita dan pria untuk membawa status mereka ke jenjang yang lebih serius dan sah. Walaupun pada umumnya kawin siri sering kali di cap buruk oleh banyak orang, akan tetapi sebenarnya dalam agama Islam pernikahan siri dibolehkan dan statusnya sah, jadi kedua pasangan mempelai yang melakukan pernikahan siri boleh melakukan hubungan suami istri, karena memang status pernikahannya sah dimata agama Islam.

Adapun cara kawin siri yang sering keliru di beberapa bagian masyarakat, mereka menganggap bahwa kawin siri tidak harus ada wali, akan tetapi hal itu sangatlah salah besar, tata cara kawin siri tidaklah berbeda dengan tata cara kawin pada umumnya, yang harus digaris bawahi adalah nikah siri cuma tidak terdaftar di Kantor Urusan Agama saja, namun selebihnya tetaplah sama.

Pasangan yang melakukan pernikahan siri tentunya memiliki alasan yang beragam dan tidak bisa disebutkan satu persatu disini, karena kita tidak boleh asal menjudge seseorang itu salah tanpa mengetahui latar belakang alasannya. Tata cara kawin siri online tentunya tidak berbeda jauh dengan pernikahan pada umumnya, keberadaan wali sangatlah diharuskan dalam pernikahan, baik itu siri ataupun pernikahan pada umumnya. Calon mempelai pria wajib meminta restu dari wali calon mempelai wanita untuk menikahi anaknya, dan ketika wali calon wanita mengizinkan barulah pernikahan siri boleh dilakukan.

BACA JUGA :  5 Hal Positif Jika Menikah Dengan Yang Belum Lama Dikenal

Cara kawin siri juga sebenarnya tidaklah ilegal dalam hal agama, justru sahnya dan bolehnya pernikahan siri ini berlangsung di bawah naungan agama Islam. Agama Islam sangatlah memberikan keringanan bagi siapapun yang ingin menikah, tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar, yang terpenting adalah pada saat pengucapan ijab kabul merupakan tolak ukur kedua pasangan dalam mempertahankan masa depan keluarganya nanti.

Kawin siri juga sebenarnya banyak dilakukan oleh para pria yang sudah memiliki istri, dan untuk menutupi hubungannya dengan wanita lain maka mereka melakukan kawin siri di belakang istri masing-masing. Sesuai dengan pengertian kawin siri yaitu sir (sembunyi-sembunyi), adapun persyaratannya tetap saja sama dengan pernikahan pada umumnya, calon mempelai wanita harus memiliki wali yang sah, dan harus mendatangkan saksi sekurang-kurangnya 2-3 orang.
Tata cara kawin siri ini sering kali banyak dilupakan, banyak orang-orang menganggap bahwa kawin siri tidak harus dihadirkan wali yang sah, yang terpenting hanyalah penghulu, hal itu sangatlah salah besar karena keberadaan wali nikah yang sah sangat penting dan wajib. Jadi bagi kalian yang ingin melakukan kawin siri sebaiknya perhatikan terlebih dahulu tata cara kawin siri secara benar dan afdol menurut syariat Agama Islam.

Nikah Siri Dalam Pandangan Islam

nikah siri dalam islam

Sebagian orang mungkin tidak mengetahui dengan jelas apa itu nikah siri, terkadang kita sering menjudge seseorang yang melakukan nikah siri telah melakukan hal yang sangat fatal dan salah besar, akan tetapi apakah anda tahu pengertian nikah siri sesungguhnya? Nah kebetulan pada artikel kali ini admin akan menjelaskan mengenai pengertian nikah siri dalam pandangan Islam.

Di Indonesia sendiri sudah banyak pasangan yang melakukan pernikahan siri dalam pandangan Islam, akan tetapi buruknya jika kita lihat sebab musabab pernikahan ini dilakukan kebanyakan dilakukan dibelakang pasangan sahnya, ya semacam orang ketiga begitu deh, banyak hal yang merugikan ketika wanita rela dijadikan istri siri, karena dari pernikahan siri anak-anak yang nantinya akan dilahirkan tidak memiliki wali yang pas. Jadi untuk para kaum wanita sebaiknya lebih bijak lagi, walaupun nikah siri memang bukan suatu hal yang dilarang, namun apa salahnya jika para kaum wanita lebih hati-hati dalam menentukan pasangan hidup.

Banyak hal yang membuat seseorang melakukan nikah siri dalam pandangan Islam. entah karena faktor ekonomi, faktor dorongan dari orangtua atau bahkan faktor orang ketiga, sebenarnya pasangan yang melakukan pernikahan siri tidaklah melakukan pelanggaran yang mutlak salah dan harus dicaci maki oleh sekitar, akan tetapi yang perlu kita tahu bahwa pengertian nikah siri merupakan suatu pernikahan yang dilakukan oleh kedua insan pria dan wanita yang di sahkan dalam agama Islam dengan catatan memenuhi syarat wajib nikah, yaitu wali nikah dari pihak wanita, namun hal yang berbeda dari pengertian nikah siri adalah tidak terdaftarnya status pernikahan pasangan tersebut di Kantor Urusan Agama.

BACA JUGA :  Bagaimana Hukum Nikah Siri Tanpa Izin Istri Pertama

Seperti apa yang saya sebutkan sebelumnya bahwa pernikahan siri dalam pandangan Islam dilakukan bukan semata-mata saja dilakukan tanpa sebab tertentu, karena setiap orang pasti mengalami hal yang berbeda-beda dalam kehidupannya, pernikahan siri mungkin saja dilakukan karena faktor ekonomi, karena kebanyakan setiap pasangan yang berniat baik ingin menikah justru ditakutkan dengan pesta pernikahan yang memakan biaya dan budget yang besar, dan tak sedikit pula dari mereka yang lebih memilih pernikahan siri. Pengertian nikah siri juga jika dilihat dari kebahasaan adalah sirr/sembunyi-sembunyi, ya memang benar pernikahan siri dilakukan lebih terkesan sembunyi-sembunyi, karena jika dilihat dari jumlah tamu undangan saja tentunya tidak sebanyak dengan nikah resmi.

Pengertian nikah siri dalam pandangan Islam seperti yang telah saya sebutkan bahwa hal tersebut tidaklah dilarang oleh agama Islam, dan bahkan kedua pasangan suami istri boleh melakukan hal-hal yang diperbolehkan untuk pasangan yang sudah berstatus menikah, ya walaupun tidak terdaftar dalam kantor urusan agama. Pernikahan siri juga sewaktu-waktu dapat di sahkan dengan cara di daftarkan di kantor urusan agama, jadi sebaiknya jika alasan menikah siri karena tidak memiliki modal untuk mendaftar ke kantor urusan agama, ya sebaiknya jika telah memiliki modal yang cukup, segeralah daftarkan status pernikahan anda agar sah ya.

Pernikahan siri dalam pandangan Islam kebanyakan dilakukan oleh para pejabat dan orang-orang yang berada di daerah Jawa Tengah, walaupun nikah siri dibolehkan dalam agama Islam, akan tetapi kaum wanita harus tahu ya efek jangka panjang dari pernikahan siri yang terus dilanjutkan dengan status sirinya. Pernikahan adalah suatu hal yang sakral dan momen yang sangat menengangkan bagi calon kedua mempelai, karena mereka akan membangun suatu mahligai rumah tangga, akan tetapi jika pernikahan siri terus berstatus sirinya tentunya hal itu akan berdampak pada status anak yang dilahirkan dari pernikahan siri.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.