Cara dan Tips Menghilangkan Jerawat Pada Remaja Secara Alami

Seperti yang sering dibilang orang bahwa masa remaja merupakan masa yang paling indah, namun pada masa itu juga hormon seseorang akan meningkat secara pesat yang membuat tumbuhnya jerawat. Jerawat bisa tumbuh di wajah, punggung bahkan dada yang membuat penampilan menjadi kurang menarik bahkan mengurangi rasa percaya diri seseorang. Pada masa seperti ini remaja mengalami pubertas sehingga sangat wajar jika jerawat akan tumbuh, namun tidak semua remaja mengalami hal seperti itu. Lalu bagaimana caranya agar jerawat tidak tumbuh lebih banyak? ada dua cara yang bisa dipakai untuk menghilangkan jerawat yaitu cara alami atau langsung ke dokter kulit yang tentu akan menghabiskan biaya cukup besar dan menguras kantong kalian guys. Nah karena hal itu maka carapdkt.net kali ini akan memberikan tips tentang menghilangkan jerawat secara alami.

Cara Menghilangkan Jerawat dan Jenis Jenis Jerawat

cara menghilangkan jerawat

Untuk menghilangkan masalah jerawat pada masa pubertas atau remaja secara alami memang membutuhkan waktu dan kesabaran, pasalnya hal tersebut sangat dipengaruhi makanan dan hormon yang ada pada tubuh seseorang, semakin banyak hormon, maka semakin banyak juga jerawat yang ditimbulkan. Sebelum kita masuk pada pembahasan utama, tidak ada salahnya jika kalian mengetahui dulu jenis – jenis jerawat yang tentu berbeda cara mengatasinya.

Jenis Jenis Jerawat

  1. Jerawat biasa, 90% didunia pasti pernah berurusan dengan jerawat yang satu ini, jerawat biasa memiliki bentuk kecil dan berwarna kemerahan pada wajah, punggung dan dada. Penyebab utama tumbuhnya jerawat yang satu ini adalah pori-pori yang tersumbat dan terinfeksi bakteri propionibacterium acne.
  2. Jerawat Batu, Jerawat yang satu ini memiliki ukuran yang lebih besar dan berwarna lebih merah dibandingkan jerawat biasa, jika dibiarkan terlalu lama jerawat batu akan meninggalkan bekas pada wajah yang cukup mengganggu sehingga membuat kalian menjadi sangat tidak percaya diri terlebih lagi jika kalian ingin melakukan pdkt ke orang yang kalian suka. Jerawat yang satu ini mempunyai nama lain Cystic Acne yang sering disebabkan oleh kelenjar minyak berlebih dan pertumbuhan sel yang tidak normal pada kulit wajah.

Dua Jenis jerawat diatas merupakan hal yang umum dan sering terjadi di jenis kulit Negara Asia terutama Indonesia. Namun pada Negara lain masih banyak jenis jenis jerawat yang lebih parah dan sulit untuk di obati kecuali ke dokter ahli kulit.

Makanan Penyebab Timbulnya Jerawat

Makanan penyebab jerawat

Jerawat bisa tumbuh dan timbul tidak hanya kerena faktor hormon semata, mengkonsumsi makanan dan gaya hidup yang tidak sehat juga menjadi salah satu faktor tumbuhnya jerawat pada wajah dan bagian tubuh seseorang. Biasanya makanan yang dapat memperparah tumbuhnya jerawat adalah jenis makanan yang banyak mengandung minyak dan rasa pedas. Minyak berlebih selalu menjadi penyakit jika dikonsumsi terlalu sering yang membuat jerawat menjadi meradang dan tumbuh semakin banyak.

Kurangi makanan yang banyak mengandung minyak seperti gorengan, fastfood, junkfood dan lain lain yang tidak menyehatkan. Konsumsi banyak buah rutin setiap hari akan membuat kulit dan wajah menjadi sehat karena di dalam buah-buahan banyak mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh kulit manusia.

BACA JUGA :  10 Akibat Keseringan Mencatok Rambut yang Jarang Disadari Wanita

Kurang Tidur Menyebabkan Timbulnya Jerawat

Pada masa pubertas atau menginjak remaja, jadwal tidur seseorang pasti akan berubah, yang biasanya tidur sekitar jam 9 malam bisa menjadi jam 12 malam dikarenakan sedang mengalami yang namanya jatuh cinta sampai terbiasa dengan tidur malam. Kebiasaan ini tentunya sangat tidak baik untuk kesehatan terutama untuk kulit wajah. Saat tidur kulit melakukan tugasnya yaitu regenarasi yang bertujuan memperbaharui sel sel yang mati. Apabila seseorang tidur terlalu malam maka kulit tidak akan punya waktu yang cukup untuk memperbaiki dirinya sendiri sehingga timbulah keriput sampai jerawat yang akan mengganggu penampilan kalian.

Lalu berapa lama sih jam tidur yang terbaik bagi manusia yang sedang mengalami masa pubertas atau remaja? waktu terbaik untuk tidur adalah 8 jam, selama 8 jam tersebut sel kulit akan memperbaiki dirinya sendiri secara maksimal sehingga kulit terlihat lebih muda, lebih cerah dan bebas dari jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

cara menghilangkan jerawat secara alami

Ada banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan jerawat, ada yang instan namun belum tentu aman, tetapi ada cara alami namun memerlukan waktu agar jerawat bisa hilang. Menghilangkan jerawat secara alami tentunya aman untuk kulit wajah sehingga kalian tidak perlu khawatir akan efek samping yang ditimbulkan. Berbeda dengan mengkonsumsi obat obatan yang diberikan oleh dokter kulit yang mungkin mempunyai efek samping kedepannya nanti. Ohya guys, jaman sekarang banyak sekali produk-produk import yang beredar di Indonesia dengan harga murah, dari obat pemutih wajah hingga penghilang jerawat. Sebaiknya kalian jangan mudah tergoda dengan harga obat obatan yang murah apalagi produk dari luar negeri yang belum tentu cocok untuk kulit orang Indonesia. takutnya akan memberikan efek samping yang mengerikan untuk kulit wajah kalian.

Berikut ini adalah cara atau tips yang dapat dilakukan untuk menghilangkan jerawat secara alami tanpa obat obatan dari dokter:

  1. Sering seringlah untuk membersihkan wajah secara rutin, bagi orang muslim mencuci wajah bisa dilakukan 5 kali sehari saat ber wudhu. Hal ini akan mengurangi menumpuknya kotoran pada pori pori kulit wajah penyebab timbulnya jerawat.
  2. Gunakan bedak dingin yang dicampur dengan perasan air jeruk nipis, memang akan terasa gatal dan perih saat di wajah namun bahan tersebut efektif untuk mengurangi bahkan menghilangkan jerawat yang ada pada wajah kita.
  3. Cara menghilangkan jerawat secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan yang seriing kalian jumpai di pasar buah dan sering dibuat jus yang nikmat, ya.. buah alpukat sangat baik untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Caranya adalah dengan membuat masker alpukat dicampur dengan madu dan oleskan ke wajah secara merata dan rutin, diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih dengan air hangat.
  4. Selain alpukat, Yogurt yang dicampur dengan madu juga baik dalam menghilangkan jerawat, caranya sama seperti diatas dengan mencampur yogurt dengan madu lalu oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit kemudian basuh hingga bersih. Lakukan dengan rutin ya guys agar mendapat hasil yang maksimal.
  5. Putih telur juga sangat efektif untuk menghilangkan jerawat pada wajah, gunakan putih telur sebagai masker dan diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.
BACA JUGA :  9 Tips Mencegah Penuaan Dini Agar Terlihat Awet Muda

Adapun buah buahan yang sering dipakai untuk dibuat masker dalam rangka menghilangkan jerawat diantara lain adalah, pisang, alpukat, jeruk nipis, tomat, mentimun dan apel. Buah buahan tersebut mengandung vitamin yang baik yang diperlukan oleh kulit wajah yang dapat mempercepat regenerasi sel kulit.

Cara Paling Ampuh dan Ajaib Untuk Menghilangkan Jerawat

Percaya atau tidak ada satu cara lagi yang menurut admin carapdkt paling ampuh untuk menghilangkan jerawat pada kulit remaja yang sedang masa pubertas. Trik yang satu ini saya dapatkan dari orang tua jaman dulu di daerah saya dan sudah saya praktekan dengan hasil yang mengejutkan. Mungkin cara yang satu ini terdengar cukup aneh dan jorok namun percaya atau tidak memang membuahkan hasil yang manis. heheh

Begini cara menghilangkan jerawat ala saya, hahaha.

  1. Siapkan kolor, sempak atau celana dalam pribadi yang baru dicuci dan dijemur.
  2. Namun sebelum jemuran tersebut kering segeralah sapukan kolor, sempak atau celana dalam tadi ke wajah secara merata dan rutin.
  3. Jika dilakukan dengan rutin dan di barengi dengan doa InsyaAllah seminggu kedepan kalian akan melihat hasil yang memukau.

Cara tersebut diatas berdasarkan pengalaman saya pribadi ya guys, monggo yang mau coba silahkan di lakukan dan jangan lupa untuk menceritakan hasilnya nanti pada kolom komentar dibawah artikel ini.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

membersihkan wajah

Setelah wajah kita bersih dari jerawat, masalah yang timbul belum tentu selesai, pasalnya jerawat akan meninggalkan bekas yang biasanya berwarna hitam pada wajah, tentu akan membuat kulit wajah menjadi tidak enak untuk dipandang. berikut ini adalah cara menghilangkan bekas jerawat yang membandel pada kulit wajah.

Cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan menggunakan masker alami dengan bahan yang mudah didapat seperti madu, putih telur, lidah buaya, air jeruk nipis, tomat dan es batu. Bahan bahan tersebut bisa dibuat atau diolah menjadi masker dan dicampur dengan sedikit madu agar kulit terasa lebih kencang dan mulus dan tentunya membuat flek hitam akibat jerawat menghilang.

Mencegah Timbulnya Jerawat

mencegah timbulnya jerawat

Banyak sekali cara yang dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat pada kulit remaja, seperti yang sudah dijelaskan diatas pola hidup sehat menjadi faktor penting dalam menghindari yang namanya penyakit khususnya jerawat. Pola hidup sehat menyangkut jadwal tidur, makanan, dan kebersihan diri.

Oke mungkin segitu dulu ya guys tips kali ini tentang cara menghilangkan jerawat pada kulit remaja secara alami, semoga kita diberikan kulit yang mulus dan bersih setiap saat. hehehe terimakasih sudah berkunjung ke carapdkt.net.

Leave a Reply