9 Tips Mencegah Penuaan Dini Agar Terlihat Awet Muda

Tips Mencegah Penuaan Dini Pada Remaja – Seiring bertambahnya usia, garis halus atau pun keriput di wajah pasti akan muncul dan itu sangat wajar terjadi biasa disebut dengan ciri penuaan dini pada remaja. Keriput atau tanda-tanda penuaan memang tidak bisa dihindari, hanya saja bisa untuk dicegah atau memperlambatnya. Pada usia remaja seperti kalian, bukan tidak mungkin proses penuaan dini terjadi, hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal salah satunya adalah faktor makanan dan pola hidup yang tidak sehat yang membuat proses penuaan menjadi lebih cepat.

Tips mencegah Penuaan Dini Agar Awet Muda

tips mencegah penuaan dini

Untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini pada remaja banyak faktor yang harus diperhatikan mulai dari  makanan, minuman, asupan gizi buat kulit, hingga posisi tidur pun termasuk pada faktor tersebut.Berikut ulasan lengkapnya bagaimana cara untuk melawan atau menghindari proses penuaan dini yang sering terjadi pada remaja jaman now.

Mengonsumsi Susu dan Madu

Kandungan yang terdapat pada susu dan madu sangatlah bagus untuk kulit Anda. Kandungan humektan-nya pada madu dapat menjaga kelembaban kulit, elastisitas kulit tetap terjaga, serta mengatasi kemunculan keriput. Sedangkan susu mengandung asam laktat yang akan membantu menghilangkan kotoran yang bersembunyi di pori-pori kulit, sehingga kolagen pun akan bekerja lebih optimal.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Manfaat air putih untuk tubuh tak terbendung lagi, khasiatnya bagus juga untuk kulit wajah. Dengan mencukupi kebutuhan air pada tubuh, cairan dalam tubuh pun akan seimbang dan hal ini juga akan membuat kulit lebih lembab.  Jika kulit terus lembab, maka keriput pun akan menjauh. Anda hanya cukup membiasakan diri meminum air putih setiap harinya sebanyak 8 gelas.

Asupan Vitamin yang Baik untuk Kulit

Tips mencegah keriput agar awet muda selanjutnya adalah dengan memberi asupan vitamin yang baik dan cukup untuk kulit.Tak hanya dari luar, perwatan dari dalam pun sangatlah penting, salah satunya dengan mengonsumsi berbagai vitamin yang baik untuk kulit. Misalnya vitamin A, B kompleks, C, dan E yang akan membantu menjaga kulit Anda tetap sehat dan tampak lebih muda.

BACA JUGA :  Cara Menentukan Jenis Kulit Yang Anda Miliki

Jangan Terlalu Sering Mencuci Muka

cuci muka untuk mencegah penuaan dini

Jika Anda berpikir dengan sering mencuci wajah, kulit Anda akan lebih bersih. Anggapan seperti itu salah besar, pasalnya jika Anda terlalu sering mencuci muka, akan membuat kulit rentan terkena iritasi serta produksi minyak pun lebih banyak. Cukup dua kali dalam sehari Anda mencuci muka, yakni pagi dan malam hari.

Menggunakan Tabir Surya

Sinar matahari memang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh manusia, namun jika berlebihan, hal tersebut berdampak negatif bagi tubuh Anda terutama untuk wajah cantik kalian, terutama untuk kesehatan kulit. Paparan sinar matahari yang berlebih dapat mengakibatkan kerusakan pada serat-serat kolagen dan elastin, sehingga pigmen dan kulit mati pun akan menumpuk dan keriput pun tidak terhindarkan lagi. Menggunakan tabir surya bisa menjadi solusi untuk melindungi kesehatan kulit wajah secara optimal. Selain tabir surya seperti diatas, kalian juga bisa menggunakan masker wajah alami untuk mencegah penuaan dini.

Gunakan Krim Malam

Malam-malam sibuk merias diri tentunya bagi sebagian orang sangatlah malas untuk melakukannya. Tapi, segala hal butuh perjuangan dan pengorbanan. Setidaknya korbankan beberapa waktu Anda untuk mengaplikasikan krim malam yang akan membantu meremajakan serta memperbaiki kerusakan pada kulit Anda. Perjuangan Anda pun tidak akan sia-sia, karena Anda akan terhindar dari keriput di wajah. Krim malam yang digunakan pun harus Anda perhatikan, pilihlah krim yang mengandung hyaluronic acid dan retinol yang tidak hanya membuat kulit wajah lebih kenyal dan kencang, tapi juga mencegah timbulnya keriput di wajah Anda.

Pastikan Sebelum Tidur Wajah dalam Keadaan Bersih

Saking sibuknya, terkadang sebagian wanita lupa membersihkan wajahnya sebelum tidur. Kebiasaan buruk ini sebaiknya dihentikan sesegera mungkin, karena dapat menimbulkan keriput pada wajah Anda. Dengan mencuci wajah sebelum tidur, semua minyak, kotoran, makeup, hingga keringat pun akan terhapuskan, sehingga tak ada debu dan kotoran dalam wajah Anda. Hal ini tentunya sangat baik untuk kesehatan kulit wajah Anda. Lain halnya jika Anda malas untuk menghilangkan sisa-sisa debu dan kotoran di wajah, maka akan menyebabkan pori-pori tersumbat serta mencegah munculnya sel kulit baru. Selain wajah dalam keadaan bersih, pastikan tidur Anda pun tercukupi, yakni sekitar 7 hingga 8 jam.

BACA JUGA :  10 Akibat Keseringan Mencatok Rambut yang Jarang Disadari Wanita

Perhatikan Posisi Tidur Anda

posisi tidur untuk mencegah penuaan dini

Hah, kok bisa posisi tidur menimbulkan kerutan? Bisalah, posisi tidur yang baik pun harus Anda perhatikan. Karena ada beberapa posisi tidur yang harus Anda hindari untuk mencegah keriput di wajah. Salah satunya yaitu tidur dalam posisi tengkurap atau pun menyamping dapat menimbulkan keriput di wajah. Karena posisi tidur seperti yang disebutkan dapat membentuk garis halus di area pipi atau dahi Anda yang disebabkan adanya kerusakan kolagen. Kerusakan kolagen tersebut dikarenakan adanya tekanan berulang pada wajah Anda, seperti halnya tidur menyamping.

Gesekan terhadap bantal menyebabkan kulit wajah tertarik. Memang keriput akibat posisi tidur pada kulit yang masih muda akan cepat menghilang, tapi jika hal tersebut terus terjadi secara konsisten bisa akan menimbulkan keriput yang permanen, serta elastisitas kulit pun mengurang. Gak mau kan, kalau Anda berkeriput di usia muda? Untuk itu, Anda bisa mulai mengubah kebiasaan tidur menyamping/tengkurap. Dengan begitu, Anda bisa mencegah munculnya keriput.

Jika Anda sulit menghilangkan kebiasaan ini, maka Anda dapat mensiasatinya dengan menggunakan bantal berbahan satina tau sutra yang memiliki daya tarikan lebih rendah serta mengurangi peluang munculnya lipatan di  kulit wajah.

Olahraga Secara Teratur

Olahraga yang baik untuk kesehatan tubuh, ternyata dapat mencegah munculnya keriput. Hal ini dikarenakan, olahraga membuat kinerja jantung lebih baik dan peredaran darah ke seluruh tubuh pun menjadi lancar, sehingga kebutuhan oksigen pun terpenuhi. Hal tersebut memaksimalkan proses perbaikan sel yang akan membuat kulit Anda terlihat awet mudah dan keriput pun dapat dihindari.

Untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan awat muda tentnya muda, Anda bisa menerapkan tips mencegah penuaan dini di atas secara konsisten dan berkelanjutan. Selain menjaganya dari luar, Anda pun harus menjaganya dari dalam dengan memperhatikan setiap nutrisi makanan yang dikonsumsi serta tetap menjaga pikiran Anda agar selalu positif.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.