3 Langkah untuk Perawatan Kulit Berminyak Pada Remaja

Menghilangkan Minyak pada Wajah – Minyak pada kulit sangat penting dalam melindungi dan melembabkan kulit. Namun, terlalu banyak minyak akan membuat Anda kehilangan kepercayaan diri. Untungnya, cukup ikuti 3 langkah berikut, Anda akan bisa menyelesaikan semua masalah kulit berminyak.

3 Langkah untuk Perawatan Kulit Berminyak yang Efektif

3 Langkah untuk Perawatan Kulit Berminyak

  1. Pahami kulitmu

Atas saran banyak ahli, langkah pertama cara merawat wajah berminyak dan berjerawat pada remaja yang tepat adalah mengetahui jenis kulit kulit Anda. Setiap jenis kulit perlu dirawat secara berbeda. Anda dapat mengidentifikasi jenis kulit Anda dengan mengamati struktur dan tingkat minyak kulit.

  • Kulit kering bersisik atau kasar dan kurang elastis;
  • Kulit berminyak berkilau, berminyak dengan pori-pori besar, komedo, bisul dan cacat lainnya;
  • Kulit komposit kering di beberapa area seperti pipi dan mengkilap di beberapa area seperti dahi, hidung dan dagu.
  • Kulit sensitif rentan terhadap ruam, bengkak atau gatal setelah menggunakan kosmetik atau produk perawatan kulit tertentu;
  • Kulit normal adalah kulit yang seimbang, bersih dan tidak sensitif.

Rutinitas perawatan kulit harus sesuai dengan jenis kulit Anda.

  1. Pilih produk perawatan kulit yang tepat
  • Pembersih

Anda harus mencuci muka dengan pembersih ringan di pagi dan sore hari. Anda tidak harus menggosok saat mencuci muka, tetapi gunakan ujung jari dengan lembut menggunakan pembersih pada kulit. Jika Anda punya waktu, Anda bisa mengukus wajah sehingga pori-pori mengembang sehingga dapat dengan mudah membersihkan kotoran. Atau Anda bisa menuci muka dengan air hangat, yang juga akan membawa efek yang sama.

Kesalahan umum yang terjadi adalah orang sering menggunakan shower gel untuk mencuci muka. Namun, shower gel terlalu kering dan memutih, tidak cocok untuk wajah. Produk ini rendah pH sehingga  mudah mengiritasi kulit. Anda harus menggunakan pembersih ringan yang menenangkan serta pembersih muka yang lembut.

BACA JUGA :  Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami Dalam 1 Minggu

Di pasaran saat ini ada banyak produk perawatan kulit yang membuat memilih produk yang tepat menjadi cukup sulit. Jika kulit Anda menjadi kering atau berminyak setelah menggunakan produk, beralihlah ke produk lain. Selain itu, jangan lupa untuk mengeringkan kulit Anda secara lembut setelah dibersihkan.

  • Produk pelembab

Memang benar bahwa semua jenis kulit harus dilembabkan meskipun berapa banyak minyak yang ada. Banyak orang mengira mereka muda atau kulit mereka cukup lembab karena minyak yang disekresikan, jadi tidak perlu melembabkan. Namun, Anda tahu, itu sepenuhnya salah. Semua jenis kulit harus dilembabkan setiap hari.

Waktu terbaik untuk menggunakan pelembab adalah setelah melakukan pembersihan. Kemudian kulit Anda lembab dan pori-pori masih mengembang, yang membuatnya mudah menembus jauh ke dalam kulit. Jika Anda memiliki kulit berminyak atau jerawat, pilih produk berbasis air dan bebas minyak untuk menghindari pori-pori tersumbat.

  • Lindungi kulit Anda dari sinar matahari

Saat ini, banyak produk makeup dan perawatan kulit mengandung bahan-bahan tabir surya. Namun, pada hari-hari cerah, tingkat perlindungan matahari ini tidak cukup. Karena itu, selain menggunakan produk ini, Anda harus menggunakan tabir surya. Melindungi kulit dari matahari sangat penting untuk mencegah kanker kulit. Oleskan tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit Anda dari sinar UVA dan UVB. Selain itu, Anda dapat menghindari sinar matahari dengan mengenakan pakaian pelindung UV dan membatasi diri Anda sendiri dengan sinar matahari yang sudah lewat dari jam 10 pagi hingga 4 sore.

  • Gunakan air mawar dan produk pengelupas

Produk-produk eksfoliasi seperti yang disebut akan mengangkat sel-sel mati. Sementara itu, air mawar akan membantu menetralisir pH kulit. Namun, Anda tidak harus selalu menggunakan produk ini karena mereka akan merusak kulit dan membuat kulit Anda lemah. Menurut pendapat para ahli, rezim perawatan kulit yang sehat harus membatasi jenis produk ini.

  • Riasan
BACA JUGA :  Cara Mengatasi Penuaan Dini Pada Kulit Wajah

Jika Anda harus merias wajah secara teratur, pilih produk berbahan dasar minyak yang diberi label “anti-acne”. Produk semacam itu akan membuat kulit jerawat berkurang. Anda juga harus memastikan untuk mengganti produk ini ketika mereka kedaluwarsa.

  1. Sesuaikan kebiasaan Anda untuk perawatan kulit

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, jauhi kebiasaan yang menyebabkan jerawat, kemerahan atau bekas luka. Jangan menyentuh kulit, terutama jika Anda tidak ingin jaringan parut permanen. Anda tidak boleh mengenakan pakaian ketat atau aksesori karena akan menyumbat pori-pori Anda dan menyebabkan kulit Anda tidak dapat bernapas.

Selain itu, makan dengan benar agar memiliki kulit yang sehat. Makan banyak sayuran, produk organik, biji-bijian dan produk susu rendah lemak akan membantu Anda mengurangi jerawat. Pilih makanan yang kaya protein seperti daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur dan kacang-kacangan. Selain itu, Anda harus menghindari makanan yang kaya kolesterol, lemak trans, lemak jenuh dan makanan yang terlalu asin dan terlalu manis.

Selain itu, merokok dan minum juga kebiasaan yang menyebabkan kulit Anda menjadi lingkaran hitam, kerutan dan kulit gelap. Stres juga merupakan faktor buruk yang mempengaruhi kulit. Dapatkan banyak istirahat dan berolahraga secara teratur atau beristirahat jauh dari stres.

Jika Anda bisa melakukan tips ini, Anda pasti akan mendapatkan kulit yang sempurna. Kulit berminyak atau berminyak kongenital tidak akan lagi menjadi masalah besar ketika Anda memiliki rutinitas perawatan kulit yang tepat.

Semoga informasi diatas dapat berguna tentang cara perawatan kulit berminyak terutama untuk para remaja yang memang mempunyai aktifitas tinggi yang dapat memproduksi minyak berlebih pada wajah..

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.