10 Akibat Keseringan Mencatok Rambut yang Jarang Disadari Wanita

Dampak Mencatok Rambut – Siapa bilang mencatok rambut itu aman dan baik untuk rambut??Manfaat mencatok rambut memang akan membuat rambut tampak stylish dan mudah diatur, dan setiap wanita pasti menginginkan hasil catok yang tahan lama dengan segala cara. Tetapi harus diketahui apabila keseringan juga tentu tidak baik untuk rambut. Kesuburan rambut akan berukurang, dan permasalahan rambut lainnya juga akan mudah datang.

Akibat Sering Mencatok Rambut

efek samping mencatok rambut

Pada dasarnya alat catok rambut ada dua macam, yaitu alat catok untuk meluruskan dan mengeritingkan. Sebenarnya sah-sah saja dan tidak ada yang melarang Anda untuk mencatok rambut, hanya saja gunakanlah dengan bijak agar dampak buruk sering mencatok rambut seperti berikut ini bisa terhindari.

Rambut Menjadi Kering

Mencatok rambut dalam waktu yang sering menimbulkan berbagai bahaya bagi kesehatan rambut Anda. Salah satu bahaya yang paling umum adalah menjadikan helaian-helaian rambut kering parah. Hal ini dikarenakan lapisan pada batang rambut merekah dan pecah. Perlahan, kelembaban alami rambut menghilang, sehingga rambut pun akan menjadi terlihat lebih kusam dan keriting padahal tujuan kalian mencatok rambut agar terlihat cantik bukan?

Rambut Menjadi Rontok

dampak mencatok rambut

Rambut yang tadinya keriting atau pun bergelombang akan menjadi lurus saat Anda mencatoknya. Hasilnya akan sangat indah, karena sesuai yang diinginkan, sehingga Anda pun akan tertarik untuk melakukan catok rambut lagi, saat rambut telah kembali keriting atau pun bergelombang. Hal tersebut berulang dan terus berulang hingga akhirnya Anda kecanduan dan sering menggunakan catok rambut untuk meluruskan rambut Anda. Penggunaan dalam jangka panjang ini yang awalnya membuat Anda senang akan berdampak mengerikan karena perlahan rambut Anda akan lebih cepat mengalami kerontokan, folikel rambut menjadi lemah hingga kerontokan pun berlanjut. Kerontokan rambut sehelai-dua helai masih bisa diatasi, tapi kalau sudah berujung pada kerontokan yang parah dapat berujung pada kebotakan. Mengerikan bukan?

Rusaknya Akar Rambut

Keseringan mencatok rambut dapat membuat akar rambut perlahan rusak. Saat masalah kerusakan hanya terjadi pada rambutnya saja masih bisa diatasi dengan berbagai cara dan pengobatan yang ada, namun jika masalahnya sudah merusak akar rambut, sangatlah sulit untuk mengembalikannya pada kondisi normal seperti semula. Hal ini juga dipengaruhi oleh krim yang digunakan pada rambut sebelum melakukan catok rambut.

BACA JUGA :  5 Cara Mengencangkan Kulit Dengan Aman dan Efektif

Rambut Menjadi Lebih Kasar

Saat pertama kali menggunakan mungkin hasilnya bagus dan indah, tapi jika keseringan mencatok dapat menyebabkan rambut Anda menjadi lebih kasar. Rasa panas yang ditimbulkan dari catokan rambut bukan membuat rambut Anda lurus dan lembut, melainkan dapat menjadikan rambut rusak dan menjadi lebih kasar.

Rambut Menjadi Bercabang

dampak mencatok rambut

Selanjutnya akibat sering mencatok rambut dalam jangka panjang adalah menjadikan rambut bercabang, rusak dan tidak sehat. Sesekali waktu mencatok rambut, memang tidak menimbulkan masalah, namun jika hal ini dilakukan secara berkepanjangan tentunya berdampak buruk juga pada kesehatan rambut Anda.

Rambut Tidak Berkilau

Siapa sih yang gak mau kalau rambutnya tampak indah berkilau? Semua perempuan sangatlah mengangan-angankan hal itu. Namun, rambut berkilau yang Anda impikan tidak akan terwujud saat Anda memiliki kebiasaan mencatok rambut dalam jangka panjang. Hal tersebut dapat menjadikan rambut Anda tidak berkilau, kusam, bahkan tidak enak untuk dipandang.

Terkena Alergi

Gejala alergi bisa saja menyerang kepala Anda yang diakibatkan dari kebiasaan mencatok rambut yang terlalu sering. Tanda-tandanya berupa munculnya rasa gatal, rambut rontok, hingga kulit kepala yang melepuh. Jika Anda mengalami hal tersebut, ada kemungkinan Anda terkena alergi. Selain itu, alergi umum yang terjadi dari penggunaan catok rambut adalah rambut rontok dan kemunculannya setelah beberapa hari Anda menggunakannya. Untuk menghindari hal-hal buruk lainnya, disarankan untuk berhenti menggunakan catokan rambut dan alternatif lainnya yakni berkonsultasi dengan dokter yang lebih ahli agar diberikan penanganan yang lebih tepat.

Rambut Menjadi Terbakar

Keseringan mencatok rambut akan berdampak buruk pada rambut Anda. Perlahan rambut yang hitam berubah menjadi kecoklatan, merah hingga kuning. Hal tersebut bisa terjadi karena rambut sering terbakar oleh mesin pencatok rambut. Penggunaan catokan rambut yang terlalu sering membuat warna rambut Anda perlahan berubah dan sangat sulit untuk dikembalikan seperti semula. Bukan rambut sehat berkilau yang Anda dapatkan melaainkan rambut kusam karena lapisan rambut telah rusak.

Rambut Semakin Rusak Saat Mencatok Rambut Basah

Kesalahan dalam cara mencatok rambut juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan mahkota perempuan tersebut menjadi rusak dan akhirnya rontok secara perlahan. Mencatok rambut dalam waktu yang sering ditambah lagi dengan mencatok ketika rambut Anda masih dalam kondisi basah. Hal ini sangat memicu kerusakan parah pada rambut Anda.

BACA JUGA :  3 Langkah untuk Perawatan Kulit Berminyak Pada Remaja

Perubahan Rambut yang Permanen

Bahaya selanjutnya akibat atau dampak keseringan mencatok rambut adalah hilangnya rambut asli Anda baik dari segi jenis maupun teksturnya. Hal iniditimbulkkan dari pemakaian krim pelurus rambut serta penggunaan catokan rambut untuk menghasilkan tampilan rambut yang permanen. Jika kasusnya terjadi seperti itu, untuk mengubahnya kembali ke rambut asli Anda sangatlah sulit.

Untuk menghindari hal-hal di atas, hindari penggunaan catok dalam jangka panjang. Kalau pun ingin mencatok rambut Anda, gunakan pada waktu tertentu saja serta senantiasa memerhatikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan kala mencatok rambut Anda seperti:

  • Mencatok rambut ketika masih dalam kondisi basah yang akan merusak folikel rambut lebih mudah.
  • Menggunakan suhu catokan terlalu tinggi, yang akan membuat rambut semakin mudah rapuh. Gunakan suhu yang medium saja.
  • Menggunakan heat protector serum sebelum mencatok rambut Anda adalah hal yang baik, karena rambut tidak akan terlalu mengekspos suhu yang terlalu tinggi.
  • Tidak menyisir rambut terlebih dahulu. Kesalahan ini seringkali banyak diabaikan, padahal rambut yang berbelit akan menyulitkan proses mencatok Anda. Untuk hasil yang sempurna, disarankan sisir rambut terlebih dahulu.
  • Tidak membersihkan peralatan catok. Kesalahan ini nih yang sering terjadi pada kebanyak perempuan, alasannya malas, lupa dan sebagainya. Padahal, jika tidak dibersihkan secara rutin, kotoran akan menumpuk yang pastinya akan berdampak pada kesehatan rambut Anda.

Dengan memerhatikan beberapa akibat sering mencatok rambut di atas semoga Anda bisa lebih bijak memanfaatkan alat catok rambut untuk merawat rambut Anda. Selain itu, untuk mendapatkan rambut yang lurus dan lembut, banyak cara lainnya yang bisa dipilih, misalnya dengan cara alami mrnggunakan vitamin rambut yang lebih meminimalisir efek samping terhadap rambut Anda, sehingga kesehatan rambut pun tetap terjaga.

Incoming search terms:

  • kebiasaan mencatok rambut

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.